REFORMASI KEPOLISIAN

Polda Metro Sambut Gembira Wacana Polantas Tidak Lagi Menilang

Nasional | Jumat, 22 Januari 2021 - 21:10 WIB

Polda Metro Sambut Gembira Wacana Polantas Tidak Lagi Menilang
Sosialisasi penerapan "Electronic Traffic Law Enforcement" (ETLE) atau tilang elektronik ke pengendara sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (3/2/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menerapkan tilang elektronik untuk pengendara sepeda motor per 1 Februari 2020 di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas.(DERY RIDWANSYAH/ JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Kapolri terpilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berencana menghapus tilang oleh petugas dan mengedepankan sistem penegakan hukum lalu lintas dengan kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE). Menanggpi hal ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendukung rencana tersebut.

“Kami Ditlantas Polda Metro Jaya menyambut gembira dan siap mendukung kebijakan dari Pak Kapolri untuk meningkatkan, mengintensifkan ETLE atau penggunaan kamera untuk menindak pelanggaran lalu lintas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jumat (22/1/2021).


Menurut Sambodo, apabila rencana itu sudah diterapkan, maka penerapan tilang secara elektronik akan sangat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

“Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat. Karena semua berjalan secara elektronik, tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat, tentu ini sangat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, Polri khususnya Polantas dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Sambodo.

Terkait penghapusan tilang di lapangan oleh petugas, Sambodo mengatakan hal itu akan dilakukan secara bertahap sembari menunggu pemasangan kamera ETLE tambahan. “Secara bertahap, karena mudah-mudahan ke depan akan tambah banyak lagi,” katanya.

Sebelumnya, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah mengungkapkan rencana mengedepankan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis elektronik atau ETLE.

“Ke depan saya berharap anggota lalu lintas turun di lapangan, mengatur lalu lintas, tidak perlu melakukan tilang. Kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri,” ujar Listyo Sigit dalam uji kelayakan calon Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR RI di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Sumber: JawaPos.com
Editor: Afiat Ananda


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-02-26.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com