GEMPA BUMI

Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

Nasional | Minggu, 22 November 2020 - 00:47 WIB

Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

BENGKULU (RIAUPOS.CO) - Gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,0 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (21/11/2020), pukul 23.58 WIB. Gempa ini berlokasi di 4.27 Lintang Selatan (LS) - 102.11 Bujur Timur.

Di mana gempa itu berada di 55 Kilometer (Km) Barat Daya, Kota Bengkulu, 56 km Barat Daya, Kabupaten Seluma, 68 km Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan 86 km Barat Daya, Kabupaten Kepahiang, pada kedalaman 10 Km.


Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Malik Krisbudianto mengatakan, gempa M=5,0 merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kota Bengkulu.


Gempa itu, kata Malik, dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu. Seperti, Kabupaten Kepahiang, dengan II MMI, Kota bengkulu III-IV MMI.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Malik, Sabtu (21/11/2020) malam.


Gempa di Kota Bengkulu, terang Malik, merupakan gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

''Masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' demikian Malik.

Sumber: Antara/News/JPNN
Editor: Hary B Koriun








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU






EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com