IMPROVISASI TENAGA MEDIS

Di Kepri, Jas Hujan pun Jadi APD

Nasional | Selasa, 24 Maret 2020 - 01:13 WIB

Di Kepri, Jas Hujan pun Jadi APD
Petugas perawat Rumah Sakit Islam Surabaya menggunakan APD sementara dengan plastik untuk menangani pasien ODP maupun PDP Covid-19, pada Senin (23/3). (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

TANJUNGPINANG (RIAUPOS.CO) -- Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan dalam kondisi darurat, jas hujan dapat berfungsi sebagai pengganti Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang tengah menangani pasien terinfeksi corona (Covid-19).

"Tapi perlu dicatat, ini khusus darurat saja," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, Senin (23/3) seperti dikutip dari Antara.


Tjetjep menyebut, penggunaan jas hujan dapat dimaklumi apabila APD tenaga medis tidak tersedia. Sementara pada saat yang sama, terdapat pasien terpapar corona yang harus segera ditangani.

"Jadi, jangan sampai tidak ada APD, pasien corona tidak terlayani. Kewajiban tenaga medis ialah melayani pasien, salah satunya bisa menggunakan jas hujan sebagai media pelindung diri," ujarnya.

Kemudian, kata Tjetjep, tenaga medis Covid-19 juga bisa menggunakan APD pengganti lainnya seperti, kacamata las, sepatu bot biasa, dan shower cap atau penutup kepala saat mandi. Upaya ini, lanjut dia, sebagai wujud improvisasi sekaligus inovasi pihak kesehatan dalam melayani pasien corona di tengah situasi yang mendesak.

"Intinya, saya tidak mau mendengar kalau tidak ada APD, masyarakat tidak tertangani," sebut Tjetjep.

Tjetjep mengakui sampai sejauh ini APD di rumah sakit yang menangani kasus Covid-19 di Kepri sangat terbatas. Menurutnya, Kepri membutuhkan sekitar 5.000 APD. Sementara bantuan yang  diterima dari pusat sebanyak 200 APD.

Gugus Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri juga sudah mengusulkan penambahan 500 APD ke DPRD Kepri, dan dalam waktu dekat bakal terealisasi.

"Meski persediaan APD belum sesuai kebutuhan. Pemerintah daerah tetap berupaya semaksimal mungkin untuk melayani pasien Covid-19, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," ucap Tjetjep.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com