Semalam, 9 Ribu Penumpang Padati Hang Nadim

Nasional | Selasa, 24 Desember 2019 - 03:31 WIB

Semalam, 9 Ribu Penumpang Padati Hang Nadim
Calon penumpang memadati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Ahad (22/12). (CECEP MULYANA/BATAMPOS.CO.ID)

BATAM (RIAUPOS.CO) -- Arus penumpang memadati Bandara Hang Nadim Batam pada puncak mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru), Ahad (22/12/2019).

Diperkirakan sekitar 9 ribu penumpang baik berangkat dan datang melalui Hang Nadim sejak pagi kemarin. Pantauan Batam Pos (Riau Pos Group), ratusan penumpang terlihat antre di konter check in sejumlah maskapai.

Ratusan lainnya terlihat menunggu di lobi depan keberangkatan. Andi, salah satu penumpang tujuan Medan, memboyong istri dan dua anaknya untuk merayakan Natal dan tahun baru di kampung halamannya. Ia baru bisa berangkat kemarin dikarenakan pada Sabtu lalu sang istri masih kerja.

"Jadi hari ini (kemarin, red) baru bisa berangkat. Sama istri dan dua anak," terangnya.

Menurut dia, merayakan Natal bersama keluarga di kampung merupakan momen yang paling ditunggu. Karena itu, ia rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk tiket.

"Untuk tiket berempat hampir Rp10 juta pulang pergi. Lumayan berat, cuma waktu bersama keluarga besar lebih penting," ungkapnya.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, mengatakan puncak mudik Nataru adalah 22 Desember.

Di mana hingga pukul 18.30 WIB, tercatat hampir 9 ribu penumpang, baik yang datang maupun berangkat. Dibandingkan hari sebelumnya, jumlah penumpang meningkat.

"Peningkatan jumlah penumpang memang sudah terjadi sejak H-10 Natal," ujar Suwarso, kemarin.

Untuk mengantisipasi lonjakan serta penumpukan penumpang, pihaknya membuka dua pintu masuk untuk memperlancar calon penumpang masuk menuju konter check in.

Pembukaan dua pintu ini, juga untuk meningkatkan pengawasan. Sebab, pengalaman petugas Hang Nadim di tahun-tahun sebelumnya, akan selalu ada oknum penumpang yang mencoba menyelundupkan narkoba.

Di setiap satu pintu dijaga 12 aviation security, mulai dari pintu masuk, pintu walkthrough, pengamatan x-ray, hingga pemeriksaan manual. Pemeriksaan manual dijaga sepasang petugas avsec.

"Peningkatan pengamanan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Sumber : Batampos.co.id
Editor : Rinaldi

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com