HUKUM

Polri Akui Beri Pelat Nomor Polisi ke Arteria

Nasional | Selasa, 25 Januari 2022 - 19:03 WIB

Polri Akui Beri Pelat Nomor Polisi ke Arteria
Mobil Pajero Sport milik Arteria Dahlan yang memiliki plat nomor polisi yang menjadi polemik. (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Mabes Polri mengkonfirmasi telah mengeluarkan pelat nomor kendaraan untuk anggota DPR RI Arteria Dahlan. Pelat tersebut diberikan untuk kendaraan Pajero milik Arteria.

“Setelah dilakukan pengecekan bahwa nomor polisi tersebut digunakan untuk kendaraan Pajero beliau,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Yamaha Alfa Scorpii

Ramadhan menjelaskan, pemberian pelat nomor dilakukan untuk pengamanan dan pengawalan terhadap pejabat negara.

“Jadi begini kan seseorang pejabat ya tentunya diberikan nomor tersebut tentunya untuk kegiatan pengamanan pengawalan kepada yang bersangkutan, dan beliau juga didampingi oleh angota Polri,” jelasnya.

Living World Pekanbaru

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berjanji pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penggunaan pelat mobil tersebut.

“Tentunya ini juga ke depan kita akan evaluasi. Karena memang terkait dengan penggandaan pelat ini sebenarnya hal-hal yang memang kita peruntukan satu pelat untuk satu personel,” ujar Sigit di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1).


Sigit juga menuturkan, mengenai pelat nomor kendaraan ada aturan khusus tersendiri. Nantinya regulasi tersebut juga akan diperbaiki.

“Ada aturannya di perkap, namun demikian kita akan perbaiki untuk kita evaluasi,” katanya.

Mantan Kapolda Banten tersebut menegaskan bahwa penggunaan pelat polisi hanya diperuntukkan kepada anggota Polri sesuai dengan penugasaan. Sehingga bukan diperuntukan bagi pejabat.

Diketahui, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan disebut memiliki lima mobil dengan pelat nomor serupa dengan logo Polri. Mobil-mobil ini terparkir di basement Nusantara II DPR. Kelima mobil ini memiliki pelat nomor yang sama, yakni 4196-07, dengan logo Polri. Mobil-mobil tersebut berstriker arteriadahlanlawyers.co.id.

Kelima mobil ini memiliki merek berbeda, yakni Mitsubishi Grandis (warna hitam), Toyota Fortuner (warna putih), Toyota Vellfire (warna hitam), Nissan X-Trail (warna putih), dan Mitsubishi Pajero (warna hitam).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman mengingatkan kendaraan-kendaraan tersebut jangan digunakan di jalan dengan pelat semua sama.

“Kalau mobil parkir tidak pakai pelat nomor pun enggak ada masalah, yang penting jangan dipakai saat jalan,” ujar Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (20/1).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini juga meminta kepada Arteria Dahlan utuk menggunakan pelat khusus yang diperuntukan bagi anggota DPR RI.

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com