Jelang Puncak Haji, Pembangunan Tenda di Arafah Sudah 75 Persen

Nasional | Sabtu, 25 Juni 2022 - 22:39 WIB

Jelang Puncak Haji, Pembangunan Tenda di Arafah Sudah 75 Persen
Proses pembangunan sarana dan prasarana di Arafah telah mencapai 75 persen. Seluruh tenda untuk jamaah haji juga sudah berdiri. (ISTIMEWA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya memberikan jemaah calon haji Indonesia mendapat fasilitas maksimal saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Kemenag memastikan instalasi tenda jemaah sudah hampir selesai.

“Di Arafah pakai AC (pendingin udara) baru, di Mina juga tidak ada kendala. Instalasi lama tapi AC-nya baru,” kata Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, Sabtu (25/6/2022).

Yamaha Alfa Scorpii

Abdul Aziz juga telah mengunjungi langsung lokasi bersama Kepala PPIH Daker Mekkah, Muhammad Hanif. Mereka menemui Nurcholis bin Turmudzi, koordinator pembangunan tenda jemaah Indonesia PPIH Mekkah.

Nurcholis menjelaskan, proses pembangunan sarana dan prasarana di Arafah telah mencapai 75 persen. Seluruh tenda untuk jemaah haji juga sudah berdiri.

“Lebih 75 persen sudah siap. Tenda dan aliran listrik sudah terpasang, AC juga sudah selesai. AC semua baru,” kata Nurcholis.

Untuk tahun ini, masing-masing tenda berukuran 10×25 meter akan menggunakan AC listrik berukuran 30 ton air conditioner otomatis (1 ton setara dengan dengan 12.000 BTU/jam atau 3,5 kW). Tenda 10×25 akan diisi 200 jemaah.


Selain itu, akan ada tenda berukuran lebih kecil yakni berukuran 7×15 meter dengan AC berkekuatan 12 ton masing-masing 6 ton. Dengan tenda yang ada. Saat ini jemaah tidak perlu berdesakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Jemaah juga bisa selonjoran atau tiduran.

“Dulu AC menggunakan kompresor, jadi sering ngadat yang keluar hanya angin jadi tidak dingin. Tapi mulai tahun ini menggunakan AC listrik. In sya Allah lebih lancar dan lebih dingin,” jelas Nurcolis.

Di dalam tenda juga akan dilengkapi karpet empuk. Toilet pun dibangun sangat dekat dengan ukuran diperkecil dibandingkan tahun lalu sehingga jumlah toilet jauh lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Saat ini proses pembangunan tinggal merapikan tinggal nutup tanah. In sya Allah optimistis H-3 puncak haji sudah beres semua,” ujarnya.

Sedangkan untuk fasilitas dapur masih sama dengan tahun lalu, yakni menggunakan kayu bakar. Dengan cuaca sangat panas tidak memungkinkan dapur menggunakan tabung gas.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  10-Aguss.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com