PT CPI Bersama YCAB Foundation Dukung Vaksinasi Massal Kemenkes

Nasional | Jumat, 26 November 2021 - 15:34 WIB

PT CPI Bersama YCAB Foundation Dukung Vaksinasi Massal Kemenkes
Peserta sedang divaksin oleh tim i-SERVE Vaccine di Jawa Barat. (CPI UNTUK RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI per tanggal 30 September 2021, baru 8,5 juta warga Jawa Barat yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis 2. Angka ini jauh dibawah target Provinsi Jawa Barat yakni 70 persen atau setara 37 juta warga yang diharapkan sudah divaksin sebelum Desember 2021 berakhir. Apalagi jika menilik dari target masyarakat umum dan rentan sebanyak 27 juta jiwa di Jawa Barat, namun baru tercapai 4,2 juta jiwa. 

Melihat urgensi ini, PT Chevron Pacific Indonesia bekerjasama dengan YCAB Foundation lewat program i-SERVE Vaccine Jawa Barat, mengadakan vaksinasi massal yang menyediakan layanan vaksin bagi usia 12 tahun ke atas untuk masyarakat umum, penyandang disabilitas serta kelompok masyarakat rentan. 


Agar optimal menjangkau berbagai wilayah, i-SERVE Vaccine Jawa Barat diadakan di sejumlah lokasi berbeda di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi sejak bulan Oktober 2021 lalu.  

Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak menyampaikan pihaknya berharap program ini dapat membantu Pemerintah Indonesia dan khususnya Kementerian Kesehatan dalam mencapai target kekebalan populasi yang dicanangkan oleh Pemerintah, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat dapat bergulir. 

“Selain itu, sejalan dengan nilai-nilai Chevron yang selalu mengedepankan kemanusiaan, program ini juga menyasar penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus yang lebih rentan terpapar dengan Covid-19 dan membutuhkan perhatian khusus dalam memvaksinasi,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Riaupos.co.

Oleh pemerintah, penyandang disabilitas kini menjadi salah satu prioritas kelompok untuk program nasional vaksinasi Covid-19. Alasannya, penyandang disabilitas lebih rentan terpapar Covid-19 karena sulit menerapkan protokol kesehatan akibat disabilitas yang dimilikinya. 

Disabilitas tertentu misalnya tuna netra, terpaksa menyentuh berbagai objek umum yang memiliki resiko tercemar virus Covid-19 agar dapat mengidentifikasi kondisi sekitarnya. Selain itu, penyandang disabilitas juga masih terbatas atau terkendala mendapat layanan kesehatan, seperti belum meratanya ketersediaan jalur kursi roda. Covid-19 juga bisa memperparah kondisi kesehatan para penyandang disabilitas tertentu karena imunitas yang lebih rendah dari pada orang pada umumnya.  

Bank BJB

Sejak bulan Maret hingga September 2021 lalu, i-SERVE Vaccine yang dilaksanakan oleh YCAB Foundation telah memvaksinasi 50.451 warga di DKI Jakarta dan Serang, termasuk 1.200 penyandang disabilitas. Lewat pengalaman ini, i-SERVE Vaccine memahami perlunya layanan khusus untuk memfasilitasi kebutuhan para penyandang disabilitas. 

Tak hanya penyandang disabilitas dan kelompok rentan, i-SERVE Vaccine Jawa Barat juga dibuka untuk peserta umum usia 12 tahun ke atas yang memiliki Nomor Induk Kependudukan berupa KTP, KK atau KIA. Gerai vaksinasi massal ini diadakan di sejumlah lokasi diantaranya di Bekasi di Lembaga amal Zakat Alkahfi dan Bandung di PUSDAI, SLB Cicendo, Pasar Andir, Pasar Cibaduyut, Pasar Ciwidey, dan Pasar Baleendah. Layanan i-SERVE Vaccine dapat terselenggara dengan dukungan berbagai pihak diantaranya Kementerian Kesehatan, Germas, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, Dekranasda Provinsi Jawa Barat, dan IKA UNPAD. 

Pendiri dan CEO YCAB Foundation Veronica Colondam mengatakan Layanan i-SERVE Vaccine di Bekasi dan Bandung merupakan langkah strategis percepatan untuk mencapai target vaksinasi di Jawa Barat dengan menggelar roadshow vaksinasi gratis ke masyarakat. 

“Sejumlah titik yang kami fokuskan berada di daerah yang sulit dijangkau dan berhasil memberikan vaksinasi kepada 10.276 masyarakat termasuk para penyandang disabilitas. Semoga dengan adanya kegiatan ini turut serta mendorong akselerasi vaksinasi,” katanya.

Calon peserta vaksin diharapkan mendaftar secara online melalui website YCAB Foundation. Untuk informasi lebih lanjut mengenai i-SERVE Vaccine, calon peserta vaksinasi dapat menghubungi Helpline YCAB Foundation dengan mengirimkan pesan melalui aplikasi WhatsApp.  

Tak hanya vaksinasi, PT Chevron Pacific Indonesia dan YCAB Foundation juga menyediakan gudang penyimpanan persediaan peralatan medis untuk respon krisis guna mendukung Kementerian Kesehatan. Pelatihan Manajemen Gudang juga diberikan oleh PT Chevron Pacific Indonesia dan YCAB Foundation kepada pegawai Kementerian Kesehatan. Melalui kehadiran i-SERVE Vaccine di Jawa Barat, PT Chevron Pacific Indonesia dan YCAB Foundation berusaha menggerakkan warga Bandung dan Bekasi untuk segera melindungi diri dan orang sekitar dengan mengikuti vaksinasi Covid-19. Tidak hanya membuat diri aman, warga yang sudah divaksin juga akan mempercepat kekebalan populasi demi mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.(rls)

Editor: Eka G Putra





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com