Riau Sukses Jadi Tuan Rumah ICCF 2021

Nasional | Sabtu, 27 November 2021 - 11:10 WIB

Riau Sukses Jadi Tuan Rumah ICCF 2021
Menteri BUMN Erik Tohir, Gubernur Riau Syamsuar, Staf Khusus Presiden Putri Tanjung dan Forkopimda Riau saat pembukaan ICCF 2021 di Pekanbaru, Jumat (26/11/2021). (SOLEH SAPUTRA/RIAU POS)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO)  - Provinsi Riau berhasil dan sukses menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2021. ICCF yang diselenggarakan oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN), yang merupakan simpul jejaring forum lintas komunitas se-Indonesia dilaksanakan mulai 26 hingga 28 November.

Ketua Umum ICCN Tb Fiki C Satari mengatakan, pada kegiatan ICCF tahun ini juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibyo, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Decymus, 13 kepala daerah di Indonesia dan peserta lainnya.


"Penyelenggaraan ICCF kali ini pun bertepatan dengan digelarnya Kenduri Riau yang dimulai, Jumat (26/11) malam. Momentum ini menjadi makin istimewa dengan kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, dan para tamu kehormatan lainnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kenduri Riau akan diawali dengan pembukaan ICCF 2021 oleh Gubernur Riau Syamsuar. Salah satu highlight pada rangkaian acara Kenduri Riau adalah peluncuran Buku Putih Kota Kreatif 2021: 10 Prinsip 11 Jurus Menuju Kota Masa Depan.

"Buku ini membuat kerangka kerja ICCN yang menjadi komitmen, berupa 10 prinsip kota kreatif Indonesia, dan pedoman bagi seluruh anggotanya dalam mewujudkan kabupaten/kota kreatif yang inklusif dan relevan dengan kemajuan zaman melalui penerapan Catha Ekadasa, atau 11 jurus untuk mewujudkan 10 prinsip tersebut," jelas Fiki.

Sementara itu Gubri mengatakan, dengan adanya iven ICCF di Riau, pihaknya mengimbau agar momen tersebut dimanfaatkan dengan baik semua pihak. Termasuk di dalamnya para mahasiswa atau anak-anak muda harus bisa mengambil andil dalam acara-acara bergengsi terlebih, iven tersebut dilakukan di Bumi Lancang Kuning.

"iven ini diikuti oleh orang-orang kreatif dan dapat menunjukkan kebolehan dirinya, juga pelaku usaha dan masih banyak lagi, silakan saja anak-anak muda Riau ikut," katanya.

Bank BJB

Gubri melihat, bahwa mahasiswa dan anak-anak muda Riau memiliki kreativitas yang bagus. Sehingga ia menginginkan iven tersebut juga turut dimeriahkan anak milenial Riau.

"Apalagi akan banyak kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari city tour Pekanbaru-Siak, Kenduri Riau, dan launching Jadiin yang merupakan program Kementerian BUMN untuk cinta produk lokal Indonesia," ujarnya.  

Dijelaskan Gubri, selama acara Kenduri Riau berlangsung akan digelar pameran 17 subsektor ekonomi kreatif oleh pelaku ekraf di Riau, penampilan pertunjukan musik, tari, teater dan lainnya. "Kemudian juga bazar kuliner, lomba stand up comedy celoteh, lomba musik melayu kreatif, lomba tari kreasi melayu, pemilihan bujang dara 2021, lomba masak, dan lomba video," sebutnya.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan, Kementerian BUMN mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk para pelaku ekonomi kreatif.

"Kami dari kementerian BUMN terus berkolaborasi, untuk ikut memberikan fasilitas pendukung ekonomi kreatif di Indonesia," katanya.

Apalagi saat ini, terus dibangun jalan tol, tentunya hal ini akan semakin mendukung infrastruktur untuk pariwisata di Indonesia. Terutama bagi turis lokal yang tidak boleh dinomorduakan.

"Berdasarkan data yang kami terima, akibat pandemi Covid-19, saat ini pariwisata di Indonesia banyak dikunjungi turis lokal. Karena itu, turis lokal saat ini tidak boleh dinomorduakan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Erik juga mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk terus meningkatkan kreativitas. Pihaknya juga memberikan fasilitas dari sisi pembiayaan melalui Bank BRI.

"Kemudian dari sisi teknologi, kami juga menyiapkan PT Telkom. Jadi kami sudah menyiapkan lokomotif untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia," sebutnya.(adv/sol)

 





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com