LAWAN HOAKS

Ahmad Basarah: Karya Jurnalistik Berkualitas yang Bisa Diandalkan Lawan Hoaks

Nasional | Minggu, 28 Maret 2021 - 06:07 WIB

Ahmad Basarah: Karya Jurnalistik Berkualitas yang Bisa Diandalkan Lawan Hoaks
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah. (YUSNIR/RIAUPOS.CO)

ANYER (RIAUPOS.CO) - Di era digitalisasi seperti sekarang ini, masyarakat lebih percaya media sosial ketimbang informasi yang disajikan di situs-situs pemerintah. Kondisi ini sangat meresahkan. Untuk itu karya jurnalistik yang berkualitas yang bisa menangkalnya.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah saat membuka acara Press Gathering Pimpinan MPR RI sekaligus diskusi dengan tema "Urgensi Dibentuknya Pokok-Pokok Haluan Negara" yang digelar di Anyer, Banten, Sabtu (26/3/2021).


"Tingkat kepercayaan masyarakat saat ini lebih tinggi ke media sosial daripada situs-situs yang dibuat oleh lembaga-lembaga pemerintah termasuk juga kementerian," kata Ahmad Basarah.

Basarah mengungkapkan, kehadiran media sosial saat ini sudah masuk fase meresahkan. Karena sudah beralih fungsi sebagai menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ditambah lagi dengan mudahnya seorang dalam membuat akun media sosial dan situs-situs "liar" yang sama sekali tidak memiliki legalitas.

"Begitu dahsyatnya dampak dari pengaruh media sosial yang tidak perlu lagi mengurus surat izin usaha. Setiap orang bisa menjadi jurnalis dan bisa menjadi komunikator bagi dirinya sendiri yang bisa disebar," imbuhnya.

Oleh sebab itu, cara untuk untuk meluruskan informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu adalah dengan meningkatkan produk-produk jurnalistik ini.

"Jadi untuk untuk meluruskan informasi, apalagi yang bersifat kebohongan dan fitnah itu tersebar di masyarakat, maka tidak ada lagi jawaban yang dapat kita andalkan selain pengabdian karya dari teman-teman jurnalistik ini. Tentu karya yang datanya valid dan benar," katanya.  

Laporan: Yusnir (Jakarta)
Editor: Hary B Koriun






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com