SURVEI CHARTA

Elektabilitas Sandiaga Uno Libas Anies dan Prabowo

Nasional | Minggu, 29 Maret 2020 - 20:05 WIB

Elektabilitas Sandiaga Uno Libas Anies dan Prabowo
Popularitas dan elektabilitas Sandiaga Uno masih berada di jajaran papan atas mengalahkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan kepala daerah lainnya. (INSTAGRAM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Popularitas dan elektabilitas Sandiaga Uno masih berada di jajaran papan atas. Bahkan hasil Survei Nasional Charta Politika yang dirilis pada Ahad (29/3), menyebutkan mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu banyak didiukung untuk maju sebagai capres di pilpres 2024.

"Elektabilitas Sandiaga Uno di Indonesia sebesar 29,2 persen, sementara Anies Baswedan sebesar 27,3 persen, serta Ganjar Pranowo sebesar 21,9 persen," kata Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Sandiaga Uno menempati posisi unggul dalam berbagai bidang, bukan hanya unggul dalam satu bidang. Dukungan sebagian besar rakyat yang diberikan tentunya semakin memperkuat jalan Sandi untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI.


Tidak hanya itu, berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan pada 20-27 Februari 2020 silam, Sandiaga Uno juga dipilih mayoritas masyarakat sebagai tokoh yang mampu menekan angka pengangguran yang tinggi di Indonesia. Kesuksesannya dalam bidang bisnis membuat rakyat percaya bahwa Sandiaga merupakan pemimpin yang dapat mengatasi permasalahan pengangguran yang sudah mengakar di Indonesia.

"Sebanyak 23,2 persen rakyat memilih Sandiaga Uno. Kemudian, disusul oleh Prabowo Subianto 11,8 persen, Anies Baswedan 11,4 persen, Ridwan Kamil 10,3 persen, Ganjar Pranowo 9,2 persen, Tri Rismaharini 5,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen, dan Puan Maharani 0,8 persen," Lanjut Muslimin.

Sementara itu, saat responden survei ditanya, "Siapa calon pemimpin yang mampu menurunkan harga bahan pokok" Mantan Kketua HIPMI itu tetap dipilih rakyat sebagai tokoh yang paling mumpuni dengan jumlah dukungan sebesar 13,2 persen.

Jumlah tersebut mengungguli dua tokoh yang pernah berpasangan dengannya pada Pilpres 2019 dan Pilgub DKI Jakarta 2017, seperti Prabowo Subianto dengan jumlah suara sebesar 12,8 persen dan Anies Baswedan dengan jumlah suara 12,7 persen. Lalu, Ganjar Pranowo 9,6 persen, Ridwan Kamil 9 persen, Tri Rismaharini 7,3 persen, serta Agus Harimurti Yudhoyono 2,9 persen.

Sementara itu, saat rakyat ditanya, siapa pemimpin yang paling mewakili generasi muda, sebanyak 27,5 persen jumlah responden memilih Sandiaga Uno menempati posisi pertama, unggul dari Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 13 perse, Anies Baswedan 9,8 persen, Prabowo Subianto 7,9 perse, Ganjar Pranowo 7,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 7,8 persen, dan Tri Rismaharini 2,9 persen.

Menurut Muslimin, rendahnya margin of error survei yang hanya sebesar 2,84 persen ini dapat memberi angin segar bagi Sandiaga Uno, karena metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka secara langsung (face to face interview) dengan jumlah responden sebanyak 1200 responden yang dipilih secara acak (random sampling).

"Hal tersebut bertujuan agar data yang didapat merupakan data yang sebenarnya di lapangan," imbuh Muslimin.

Menurutnya, Keunggulan Sandi yang berturut-turut ini semakin memperkuat jalannya untuk maju bersaing di Pilpres 2024. Bahkan, yang paling mengejutkan adalah dukungan rakyat terhadap Sandiaga Uno berada di atas Anies Baswedan yang dulu pernah menjadi pasangannya sebagai gubernur di Pilgub Jakarta.

Sumber: JawaPos.com
Editor: Erizal




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com