Siap-Siap Cek Rekening! BSU Tahap 4 Cair Mulai Minggu Depan

Nasional | Jumat, 30 September 2022 - 21:25 WIB

Siap-Siap Cek Rekening! BSU Tahap 4 Cair Mulai Minggu Depan
Ilustrasi pencairan dana bantuan subsidi dari pemerintah. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan akan mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 4 mulai minggu depan. Bantuan yang diberikan untuk pekerja ini akan disalurkan sebesar Rp600 ribu dalam satu kali pembayaran.

In sya Allah minggu depan BSU mungkin akan dimulai tahap 4,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata saat dalam media briefing di Gedung Djuanda I Kemenkeu, Jakarta, Jumat (30/9/2022).


Isa juga melaporkan, sebanyak 7 juta pekerja dari 14,6 juta target penerima sudah menerima BSU pada tahap 1 sampai 3. Dengan total anggaran yang sudah digelontorkan sebesar Rp4,2 triliun dari keseluruhan anggaran Rp8,8 triliun.

Bantuan yang diberikan sebagai pengalihan subsidi BBM ini secara langsung disalurkan melalui bank himbara milik pekerja. Bahkan, Isa menyebut, bantuan akan tetap disalurkan melalui layanan PT Pos Indonesia terutama bagi pekerja yang berada jauh dari layanan perbankan.

“Mereka yang tidak punya rekening itu ada yang diusahakan dibukakan rekening sebetulnya, namun ada juga yang memang akses ke bank-banknya juga tidak mudah buat mereka itu akhirnya kemudian kembali dibayarkan lewat PT Pos,” ucapnya.

Meski begitu, Isa menegaskan pekerja yang menerima BSU harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Seperti tidak menerima bantuan sosial lain hingga tidak berstatus PNS, anggota Polri dan TNI. Selain itu, syarat utama penerima BSU hanya pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

“Penerima BSU tidak boleh sebagai BLT BBM. Tidak boleh double, di situ jadi sejauh ini yang kami dapat kemungkinan 16 juta akan tersaring beberapa,” ungkap Isa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sudah menyalurkan sebanyak 7,77 juta bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta hingga hari ini, Selasa (27/9/2022). Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

’’Jadi sampai saat ini untuk bantuan subsidi upah yang sudah tersalur adalah 7,77 juta. Artinya sudah 48,3 persen yang sudah tersalur dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya lihat sangat baik,” kata Jokowi usai menyaksikan penyerahan BSU di Kantor Pos Baubau.

Ida memastikan bahwa BSU ini dibagi kepada pekerja dari Sabang sampai Merauke. Ia menyebut total calon penerima BSU di Sulawesi Tenggara sendiri sebanyak 79.675 orang. Sedangkan jumlah yang sudah menerima mencapai 19.286 orang.

’’Sulawesi Tenggara sendiri jumlah calon penerimanya ada 79.675 orang yang disaksikan ini di Kota Baubau. Total penerima sampai sekarang di Sulteng ada 19.286 orang sudah 24,21 persen,” ujarnya.

Total tersebut, kata Ida, diperoleh karena pihaknya berupaya untuk menyalurkan BSU kepada 1-2 juta pekerja dalam setiap minggunya. Bahkan ia menjamin BSU akan selesai disalurkan kepada pekerja dalam kurun satu bulan. ’’Setiap minggu kami akan bertahap dan ini setiap minggu 1 juta-2 juta (penerima). In sya Allah dalam kurun satu bulan sudah bisa selesai,” ungkap dia.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  2022-12-03.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com