LAPORAN KONTRIBUTOR ROCKY PADILA DARI UTAH

Hentikan Rekor Buruk 11 Tahun, Mavericks Jumpa Suns di Semifinal

Olahraga | Minggu, 01 Mei 2022 - 04:00 WIB

Hentikan Rekor Buruk 11 Tahun, Mavericks Jumpa Suns di Semifinal
Luka Doncic dikeroyok tiga pemain Utah Jazz saat melakukan layup dalam laga kemarin. (ROCKY PADILA/JAWA POS)

UTAH (RIAUPOS.CO) – Rekor buruk Dallas Mavericks tidak pernah memenangi sebuah seri di NBA Play-off selama 11 tahun akhirnya terhenti, Jumat (29/4/2022). Itu terjadi setelah Mavericks berhasil mengalahkan Utah Jazz lewat pertandingan dramatis 98-96 di game keenam.

Mavericks berhasil menutup seri ini dengan skor 4-2 dan akan berhadapan dengan tim unggulan 1 di wilayah barat, yaitu Phoenix Suns. Suns juga lolos ke semifinal wilayah barat setelah menumbangkan New Orleans Pelicans 115-109 untuk mengunci kemenangan 4-2.

Yamaha Alfa Scorpii

Luka Doncic menyumbang 24 poin di laga yang berlangsung di Vivint Arena, markas Jazz. Namun, pahlawan Mavericks sebenarnya adalah Jalen Brunson.

Dia mencetak 24 poin, 9 rebound, dan 8 assist. Brunson sempat membuat three-point krusial di sisa 2 menit laga untuk memberi keunggulan ke timnya hingga akhir pertandingan.

’’Jalen (Brunson) adalah pemain yang memiliki kemampuan mencetak angka kapan pun. Saya senang dia bisa memperlihatkan itu ke semua orang,’’ puji Doncic untuk Brunson.

’’Sekarang kami harus bermain lebih bagus bila ingin punya kesempatan mengalahkan Suns,’’ tambahnya.


Tuan rumah Jazz sebenarnya tampil kompak di babak pertama untuk membangun keunggulan 53-41 saat turun minum. Tapi, Jazz memang memiliki tendensi untuk bermain lebih kendur di babak kedua dan itu terbukti lagi di game tersebut.

Defense Jazz selalu telat untuk menutup shooter-shooter Mavericks sehingga keunggulan mereka pun langsung lenyap. Mavericks berhasil unggul 80-72 lewat three-point Maxi Kleber di awal kuarter terakhir.

Jazz sebenarnya memiliki kesempatan memenangi pertandingan. Di sisa 4,3 detik, Jazz yang tertinggal dua poin mengambil timeout untuk mengatur skema penyerangan.

Pelatih Jazz Quinn Snyder menggambar pola offense yang sempurna. Dia berhasil membebaskan Bojan Bogdanovic di garis three-point.

Sayang untuk fans Jazz, tembakan Bogdanovic belum bisa memaksakan seri ini berlanjut ke game ketujuh. Three-point memang menjadi kelemahan Jazz sepanjang seri play-off melawan Mavericks. Hanya Jordan Clarkson saja yang bisa menembak three-point di angka 38 persen selama enam game ini.

Guard Donovan Mitchell menjadi top scorer untuk Jazz dengan 23 poin. Off-season nanti Jazz diyakini akan melakukan perombakan besar untuk musim depan. Sangat menarik ditunggu kelanjutan duet Mitchell dan Rudy Gobert akan tetap bermain bareng atau tidak.(irr/c17/cak/jpg)

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-13.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com