CATATAN SEPAKBOLA

Makoto Hasebe, Legenda Hidup Asia di Bundesliga

Olahraga | Jumat, 05 Juni 2020 - 02:43 WIB

Makoto Hasebe, Legenda Hidup Asia di Bundesliga
MAKOTO HASEBE. (TWITTER @EINTRACHT FRANKFURT)

Oleh Hary B Koriun

PEMAIN-PEMAIN Asia sudah lama menjadi pemain asing yang sangat diperhitungkan di Bundesliga Jerman. Terutama dari Korea Selatan, Jepang, dan Iran. Mereka bahkan ada yang menjadi legenda dan sangat dihormati di klub masing-masing.

Mereka antara lain Cha Bum-kun (Korsel/Entracht Frankfurt dan Bayer Leverkusen), Naohiro Takahara (Jepang/Hamburg SV), Ali Daei (Iran/Hertha Berlin), Mehdi Mahdavikia (Iran/Hamburg SV), Yasuhiko Okudera (Jepang/Koln), dan beberapa pemain lainnya.

Nah, jika pemain-pemain tersebut kini sudah pensiun, tidak dengan Makoto Hasebe. Di usianya yang sudah 36 tahun, Hasebe kini menjadi legenda hidup Asia yang masih berkibar di Bundesliga Jerman. 

Setelah tujuh musim membela Wolfsburg, dan menjadi juara di sana pada musim 2008/2009 --segenerasi dengan Edin Dzeko yang kini masih bermain di AS Roma-- Hasebe kini bermain untuk Eintracht Frankfurt sejak musim 2014/2015. Dia sempat semusim bermain untuk Nueremberg (2013/2014).


Kamis (4/6/2020), Frankfurt menang 3-0 di kandang Werder Bremen pada pekan ke-29 Bundesliga 2019/20. Dalam pertandingan itu Hasebe sukses menyamai sebuah rekor di legenda Asia di Bundesliga.

Frankfurt menang lewat satu gol Andre Silva menit 61, serta dua gol pemain pengganti Stefan Ilsanker menit 81 dan 90. Lini pertahanan yang digalang Hasebe dan rekan-rekannya berhasil membantu kiper Kevin Trapp menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Pertandingan melawan Bremen ini merupakan pertandingan ke-308 Hasebe di Bundesliga. Hasebe pun menyamai pencapaian mantan striker Korsel yang pernah memperkuat Darmstadt 98, Frankfurt, dan Leverkusen. Dialah Cha Bum-kun.

Cha Bum-kun adalah salah satu pemain legendaris Asia di Bundesliga. Dia memainkan 308 pertandingan di liga tertinggi Jerman antara musim 1978/79 dan 1988/99. Dalam 308 penampilan itu, dia mencetak 98 gol. Namun, dia tak pernah meraih gelar juara Bundesliga.

Bersama Frankfurt (1979-1983), dia menjuarai UEFA Cup 1979/80 dan DFB Pokal 1980/81. Sementara itu, bersama Leverkusen (1983-1989), klub terakhir dalam karier profesionalnya, dia menjuarai UEFA Cup 1987/88.

Hasebe baru saja melakoni penampilannya yang ke-308 di Bundesliga. Mantan kapten timnas Jepang yang bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan dan bek sentral itu pun kini sejajar dengan Cha Bum-Kun. 

Dia juga sudah melampaui pencapaian pemain pertama Asia yang bermain di Jerman, Yasuhiko Okudera, yang juga dari Jepang. Okudera pertama kali bermain untuk Koln pada Juli 1977 dan bermain sebanyak 234 pertandingan hingga tahun 1986. Selain membela Koln, Okudera juga membela Hertha Berlin dan Werder Bremen.

Dengan penampilan berikutnya, Hasebe akan mengukir sebuah rekor anyar. Dia bisa melewati Cha Bum-Kun sebagai pemain Asia dengan jumlah penampilan terbanyak di Bundesliga.

"Saya tak pernah membayangkan bisa bermain selama ini di klub profesional. Saya bahagia di Frankfurt, tentu tanpa bisa melupakan kenangan saya di Wolfsburg --karena di sana saya bisa juara Bundesliga," ujar Hasebe dalam sebuah wawancara dengan televisi oficial partner Bundesliga.

Hasebe mengaku, setelah Piala Dunia 2018 dia memilih mundur dari timnas Jepang dan konsentrasi untuk Frankfurt. Dengan usia yang tidak muda lagi, pria kelahiran Fujieda, Shizuoka,  18 Januari 1984, ini, hal itu sangat membantu kebugarannya.

Dalam hal posisi, dia juga bisa beradaptasi dengan baik. Pelatih Eintracht, Adi Hutter, telah mengubah posisi Hasebe menjadi bek tengah dari posisi aslinya sebagai gelandang bertahan. Saat dia fit, dia akan menjadi libero di belakang kapten David Angel Abraham (Argentina) dan Martin Herritiger (Austria) yang menjadi stopper.

Laga beriktunya, Eintracht akan menghadapi Mainz 05 di Commerzbank-Arena, 6 Juni, sebelum dijamu Hertha Berlin di Olympiastadion, Berlin, 13 Juni mendatang. Pertandingan-pertandingan itu jelas akan menahbiskan dirinya sebagai legenda hidup Asia di Jerman yang akan sulit dipecahkan pemain Asia lainnya. 

Apalagi hingga kini dia belum mengumumkan kapan dia akan pensiun. Dan dalam pertandingan sepanjang musim ini yang dimainkannya, dia selalu tampil prima. Baik sebagai libero atau sebagai gelandang bertahan jika dia dibutuhkan di sana.

Rekor Penampilan Pemain Asia di Bundesliga
308 - Makoto Hasebe (Jepang)
308 - Cha Bum-Kun (Korea Selatan)
255 - Mehdi Mahdavikia (Iran)
234 - Yasuhiko Okudera (Jepang)
211 - Koo Ja-Cheol (Korea Selatan)


 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com