LIGA CHAMPIONS

Guardiola Tahu City Bukan Tim yang Bisa Diremehkan

Olahraga | Selasa, 06 April 2021 - 19:01 WIB

Guardiola Tahu City Bukan Tim yang Bisa Diremehkan
Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, akan menjadi salah satu pemain yang disorot karena akan bertarung melawan klub yang membesarkannya, Borossia Dortmund, dalam perempatfinal Liga Champions. (REUTERS/DAILY MAIL)

MANCHESTER (RIAUPOS.CO) - Manchester City mewaspadai kejutan dari Borussia Dortmund. Kedua tim bersua pada leg pertama semifinal Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. 

Performa Dortmund di Liga Jerman inkonsisten. Terbaru tim yang dijuluki Die Borussen itu kalah 1-2 dari Eintracht Frankfurt akhir pekan lalu yang membuatnya semakin jauh dari zona Liga Champions (4 besar teratas di klasemen).  Mereka duduk di peringkat kelima mengepak nilai 43. 


Tapi pelatih City Pep Guardiola meminta pasukannya untuk tak meremehkan punggawa Dortmund yang terkenal punya semangat juang tinggi. Dia paham betul kekuatan Die Borussen lantaran pernah melatih Bayern Munchen dari 2013 sampai 2016. 

Satu orang yang mengenal Dortmund di Manchester itu saya. Budaya klub, cara mereka bermain. Saya tidak menemukan satu pemain pun di Dortmund tanpa kualitas. Mereka memiliki kualitas luar biasa," kata Guardiola dikutip dari laman resmi klub, Senin (5/4/2021). 

"Mungkin mereka tidak menemukan konsistensi di Bundesliga musim ini. Tetapi dalam satu atau dua pertandingan, mereka bisa melakukan apa saja. Sevilla merasakan kekuatan Dortmund di babak 16 Besar. Sevilla salah satu tim terbaik untuk memainkan dua leg dan Dortmund mengalahkan mereka," ujarnya. 

Pertahanan City akan banyak diuji di laga nanti. Sebab Dortmund diperkuat top skor Liga Champions sementara yaitu Erling Braut Haaland yang kini sudah mengoleksi 10 gol. 

Namun Guardiola sudah menyiapkan siasat untuk meredam acanaman Haaland dan kawan-kawan. Kemenangan menjadi penting bagi City sebelum melakoni leg kedua di Signal Iduna Park pekan depan. 

"Saya sangat menghormati Dortmund. Saya berada di Jerman selama tiga tahun dan mereka selalu menjadi lawan yang hebat. Saat mereka lari, mereka bisa membunuh Anda," tuturnya. 

"Kami berusaha agresif. Kami ingin menang. Itulah yang perlu kami lakukan," ucapnya. 

Gelandang City, Ilkay Gundogan, akan menjadi pemain sentral dalam pertandingan ini. Selain akan menghadapi klub yang membesarkannya, Gundogan akan memikul tanggung jawab sebagai pemain yang mengerti dengan kekuatan klub-klub Bundesliga di lapangan.

"Tak diragukan lagi, Dortmund memiliki mental kuat siapa pun yang dimainkannya. Saya merasakan itu ketika masih bermain di sana. Tapi sekarang saya hanya berpikir bagaimana mengalahkan mereka," ujar gelandang Timnas Jerman berdarah Turki ini.

Edin Terzic, caretaker yang memegang tim sampai kompetisi berakhir setelah Lucian Favre dipecat, mengaku tak memiliki beban saat berhadapan dengan tim sekelas City. Menurutnya, timnya sudah bermain baik sejauh ini hingga perempatfinal.

"Tak ada yang kami takutkan. Kami akan bermain dengan cara kami," jelas lelaki Jerman berdarah Bosnia ini.

Menurutnya, ketika semua tim sama-sama berada di level yang sama, perempatfinal, maka tak ada yang perlu ditakuti.

"Kami siap menyulitkan mereka (City, red) di dua pertandingan nanti," jelas Terzic seperti dilansir Bild.

PERKIRAAN PEMAIN 

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Cancelo, Dias, Stones, Mendy; Rodri, Gundogan, De Bruyne; Silva, Sterling, Foden 

BORUSSIA DORTMUND (4-3-3): Hitz; Can, Akanji, Hummels, Guerreiro; Delaney, Bellingham, Dahoud; Hazard, Haaland, Reus 

REKOR PERTEMUAN 

04/12/2012, Liga Champions, Dortmund 1-0 Man City
03/10/2012, Liga Champions, Man City 1-1 Dortmund 

Sumber: Mirror/News/Bild
Editor: Hary B Koriun






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com