PIALA AFF U-16 2022

Epic Comeback, Sikat Vietnam 2-1, Indonesia Finis sebagai Juara Grup

Olahraga | Sabtu, 06 Agustus 2022 - 23:48 WIB

Epic Comeback, Sikat Vietnam 2-1, Indonesia Finis sebagai Juara Grup
Arkhan Kaka Purwanto (kiri) dan Muhammad Nabil Asyura merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022. (PSSI/TWITTER)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Indonesia berhasil meraih tiket semifinal dengan berstatus juara grup di Piala AFF U-16 2022. Indonesia bangkit dari ketertinggalan untuk memukul Vietnam dengan skor 2-1 dalam laga pemungkas Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta (6/8).

Duet penyerang Arkhan Kaka Purwanto dan Muhammad Nabil Asyura masing-masing menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Indonesia. Merah Putih sempat tertinggal lebih dulu lewat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong.


Kemenangan memastikan posisi Indonesia di puncak klasemen akhir Grup A. Tim yang dilatih Bima Sakti Tukiman itu menyapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan.

Vietnam saat ini berada di posisi kedua dengan enam poin. Mereka masih berpeluang lolos ke semifinal. Namun, Vietnam harus menanti hasil rangkaian pertandingan terakhir Grup C yang baru dimainkan Senin (8/8).

Meski hanya memerlukan hasil imbang untuk melangkah ke empat besar, Indonesia tetap bermain dengan menyerang.

Namun, pertandingan yang berlangsung dalam tempo cepat itu tak berhasil menghadirkan gol untuk kedua tim. Vietnam unggul 1-0 setelah wasit asal Thailand Warintorn Sassadee memberikan tendangan penalti pada menit ke-42. Penalti diberikan setelah bek kanan Indonesia Rizdjar Subagja melanggar gelandang Le Ding Long Vu.


Nguyen Cong Phuong menunaikan tugasnya sebagai algojo dengan baik. Kapten Vietnam itu sukses membawa timnya unggul 1-0. Kedudukan itu bertahan hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, Indonesia langsung menggebrak begitu babak kedua dimulai. Hasilnya, pada menit ke-52, sebuah pergerakan Narendra Tegar Islami berujung pada assist yang dikonversi menjadi gol oleh Arkhan dengan tandukannya.

Gol itu menjadi pembakar semangat Indonesia. Dan tiga menit kemudian, Indonesia sukses membalikkan keadaan berkat gol Nabil. Gol itu berawal dari situasi serangan balik. Arkhan yang menyodorkan umpan matang dipungkasi dengan tenang oleh Nabil dengan gol ke dalam gawang Vietnam.

Kedudukan 2-1 menjadikan intensitas pertandingan meningkat. Namun, tak ada gol lain sampai laga usai.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  9-Gugust.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com