MOTOGP 2020

Pembukaan Musim 2020 di Spanyol Terus Dimatangkan

Olahraga | Jumat, 08 Mei 2020 - 12:10 WIB

Pembukaan Musim 2020 di Spanyol Terus Dimatangkan
INTERNET

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - MotoGP terus mematangkan rencana menggelar balapan pembuka musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol, Juli mendatang. Dorna bersama pemerintah Andalusia dan Dewan Kota Jerez telah mengajukan izin kepada pemerintah Spanyol untuk menggeber dua balapan langsung pada 19 dan 26 Juli.

Selain itu, seri kedua WSBK diajukan untuk berlangsung pada 2 Agustus di sirkuit yang sama. ’’Setelah mendapat otorisasi dari pemerintah Spanyol, tiga event itu akan diusulkan ke FIM untuk dimasukkan kalender balap masing-masing,’’ tulis MotoGP dalam laman resminya.

Proposal tersebut diusulkan pasca berlangsungnya webinar di antara ketiga pihak yang terkait. Yakni, Dorna, pemerintah Andalusia, dan Dewan Kota Jerez. Langkah cepat segera disiapkan. Apalagi, rencana tersebut harus ditembuskan dulu kepada FIM sebagai induk olahraga balap motor dunia.


’’Aku pikir itu adalah kabar yang luar biasa. Kami ingin berterima kasih kepada dewan kota untuk upaya mereka menyiapkan event ini serta Dorna yang kembali memilih Sirkuit Jerez,’’ terang Wakil Presiden Pemerintah Andalusia Juan Marin seperti dilansir Motorsport.

GP Spanyol disiapkan sebagai balapan pembuka kelas MotoGP, sedangkan race kedua akan bernama GP Andalusia. Sebelumnya, ada 11 rencana GP musim ini yang gagal digelar sesuai dengan jadwal. Empat race di antaranya berakhir pembatalan. Yakni, GP Qatar, Belanda, Jerman, dan Finlandia.

Dorna sebelumnya menyiapkan 10–12 balapan di Eropa. Opsi balapan pertama adalah GP Ceko 9 Agustus mendatang. Namun, Jerez kemudian dirasa lebih realistis untuk memulai musim ini. Jika rencana dua balapan di Jerez terwujud, itu akan menjadi catatan positif untuk menggelar seri berikutnya dan menggantikan balapan-balapan di awal musim yang tertunda.

Kebijakan memulai musim ini di Jerez menjadi langkah yang tepat. Apalagi, tes pramusim sebelumnya juga berlangsung di sirkuit tersebut. Dengan begitu, tim peserta setidaknya memiliki data awal untuk bisa tampil kompetitif di Sirkuit Jerez.

Selain di Jerez dan Ceko, seri balapan di Eropa masih menyisakan empat lokasi. Yakni, GP Inggris, Austria, San Marino, dan Aragon hingga September. Selanjutnya, seri Asia-Australia akan berlangsung pada Oktober–November.

Dorna tengah menyiapkan protokol superketat untuk mengurangi risiko persebaran Covid-19 di sirkuit. Misalnya, pembatasan kru di paddock tim.

Sebanyak 1.600 personel akan bertugas di sirkuit saat balapan. Dorna juga menyiapkan sekitar 10 ribu alat tes Covid-19 untuk memonitor kru di paddock.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com