CABOR SEPAKTAKRAW PON 2021

Kalahkan Tuan Rumah Papua, Riau ke Semifinal sebagai Juara Grup

Olahraga | Jumat, 08 Oktober 2021 - 00:03 WIB

Kalahkan Tuan Rumah Papua, Riau ke Semifinal sebagai Juara Grup
Killer Riau dan timnas Indonesia, Rizanov Kurniawan (hijau) saat melakukan smes dalam pertandingan penyisihan Grup B nomor quadrant cabang sepaktakraw PON 2021 Papua di GOR Cendrawasih, Jayapura, Kamis (7/10/2021). (HARY B KORIUN/RIAUPOS.CO)

JAYAPURA (RIAUPOS.CO) - Tim putra Riau lolos ke semifinal sebagai juara Grup B setelah mengalahkan tuan rumah Papua di nomor quadrant cabang sepaktakraw PON 2021. Kemenangan ini membuat asa Riau meraih medali dari sepaktakraw masih terjaga.

Bertanding di GOR Trikora, Jayapura, Kamis (7/10/2021), yang disaksikan langsung Ketua PSTI Riau, Rudianto Manurung SH MH CLA, tersebut, Rizanov Kurniawan dkk menang 2-0 langsung atas tuan rumah dengan angka 21-18 dan 21-18.


Di set pertama, Papua yang banyak diperkuat pemain-pemain asal Sulawesi, memberi perlawanan ketat. Kejar-kejaran angka sering terjadi. Dua killer Riau, Rizanov dan Pebi Saputra, harus bekerja keras menembus blok rapat tuan rumah.

Ketatnya pertandingan membuat angka-angka kritis menjelang set pertama berakhir masih saling kejar. Riau kemudian berhasil menyudahi set pertama setelah smes keras Rizanov berhasil menembus blok tiga punggung sejajar tuan rumah dan membawa keunggulan 21-18.

Di set kedua, keadaan tak berubah. Tuan rumah yang berusaha mengejar, mengambil inisiatif menyerang. Saling kejar angka terjadi lagi. Namun pertahanan Riau yang digalang Khairul Saputra, kapten Muhammad Hafiz, juga Rizanov dan Pebi, sering sukses mematahkan serangan lawan.

Set kedua ini juga akhirnya dimenangkan Riau dengan angka yang cukup ketat, 21-18.

Hasil ini membuat Riau akan menghadapi Jawa Timur (Jatim) di semifinal pada Jumat (8/10/2021). Jatim keluar sebagai runner-up Grup A setelah di pertandingan pertama kalah 1-2 dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun di pertandingan kedua berhasil menang 2-0 atas DKI Jakarta. DKI sendiri gagal ke semifinal karena kalah 1-2 dari Sulsel.

Sementara tuan rumah Papua akan berhadapan dengan tim kuat Sulsel di semifinal lainnya.

Bank BJB

Manajer tim yang juga pelatih kepala tim Riau, H Suhartoni, mengaku senang dengan keberhasilan mengalahkan tuan rumah. Namun dia langsung mewanti-wanti para pemainnya bahwa lawan di semifinal tak bisa dipandang remeh.

Jatim diperkuat pemain nasional, Saiful Rijal dan Syamsul Hadi, plus dua pemain muda yang juga bermain bagus. Menurut Suhartoni, para pemain Riau harus benar-benar fokus, main penuh semangat, bertenaga, dan bermental baja.

"Tapi, siapa pun lawan, kami akan tetap bekerja keras. Kalah atau menang itu urusan nanti. Itu bagian dari pertandingan olahraga," jelas Kabid Olahraga Dispora Riau tersebut.

Laporan/Editor: Hary B Koriun (Jayapura)

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-11-28.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-11-11 10:36:44
Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han Semangat Bela Negara dari Timur Indonesia 11 November 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com