MOTOGP CEKO

Kuasai Sirkuit Brno, Binder Samai Rekor Marquez

Olahraga | Senin, 10 Agustus 2020 - 00:20 WIB

Kuasai Sirkuit Brno, Binder Samai Rekor Marquez
Brad Binder, menyamai apa yang dilakukan Marc Marquez tahun 2013 di Sirkuit Austin, Amerika Serikat. (AFP/DAILY STAR)

BAGIKAN


BACA JUGA

loading...

PRAHA (RIAUPOS.CO) - Pembalap Afrika Selatan,  Brad Binder, menyamai rekor Marc Marquez sebagai pembalap rookie (pendatang baru) yang mampu meraih kemenangan di MotoGP.

Berstatus sebagai salah satu rookie di MotoGP 2020, Binder secara mengejutkan berhasil memenangi MotoGP Ceko. Ini menjadi podium dan kemenangan pertamanya di MotoGP.

Pembalap KTM itu jadi pembalap rookie yang mampu meraih kemenangan di MotoGP sejak Marc Marquez berhasil melakukannya di MotoGP Amerika di Austin pada 2013.

Binder jadi yang tercepat di Sirkuit Brno dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik. Ia berhasil mengalahkan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dan Johann Zarco (Reale Avintia).

Start dari posisi tujuh, Binder memberi KTM kemenangan pertama di MotoGP setelah tampil di kelas primer Grand Prix sejak 2017. Ia juga mengukir sejarah sebagai pembalap pertama asal Afrika Selatan yang mampu merebut kemenangan di ajang MotoGP.


Meski demikian, kemenangan bersejarah diraih Binder ketika Marquez absen. Pembalap Repsol Honda itu masih menjalani pemulihan cedera patah lengan usai mengalami kecelakan di MotoGP Spanyol. 

Absennya Marquez terbukti membuka peluang bagi pembalap lain untuk unjuk gigi. Binder jadi pembalap kedua yang berhasil menang setelah dua seri sebelumnya dikuasai Fabio Quartararo.

Kemenangan di Sirkuit Brno membuat Binder kini melesat ke posisi lima klasemen sementara MotoGP dengan nilai 28. Pembalap 24 tahun itu tertinggal 31 poin dari Fabio Quartararo yang berada di puncak.

Quartararo Tak Berdaya

Dalam balapan tersebut, sebenarnya banyak orang yakin Quartararo bakal meraih hattrick di Brno. Berada di posisi kedua saat start, dianggap tak sulit bagi pembalap Prancis itu untuk menguasai arena.

Namun, justru Franco Morbidelli yang tampil luar biasa di start. Pembalap asal Italia itu sudah unggul 1 detik atas Aleix Espargaro melewati lap pertama. Brad Binder naik ke posisi tiga usai lap kedua dan menguntit Quartararo.

Morbidelli terus menjaga jarak dengan Quartararo memasuki putaran kelima dengan keunggulan 1,1 detik. Sementara Binder sukses menekan Quartararo di posisi ketiga. Sementara di lap yang sama Valentino Rossi sukses menyalip Maverick Vinales di posisi delapan.

Drama terjadi di lap kesepuluh ketika Quartararo turun ke posisi empat setelah disalip dua pembalap KTM, Brad Binder dan Pol Espargaro. Namun di pengujung lap sepuluh Pol melakukan kesalahan dan kemudian terjatuh setelah bersenggolan dengan Zarco.

Di lap 11 Quartararo kembali turun ke posisi empat setelah disalip Zarco. Di momen ini pemuncak klasemen MotoGP 2020 itu kesulitan dengan cengkeraman ban belakang.

Binder tampil luar biasa. Pembalap rookie itu mendekat hingga 0,2 detik dengan Morbidelli memasuki lap ke-14. Binder kemudian menyalip Morbidelli saat balapan menyisakan sembilan lap.

Binder menjauh satu lap kemudian dan unggul 1,4 detik atas Morbidelli. Sementara itu Quartararo kesulitan mempertahankan posisi keempat dan mendapat tekanan dari Alex Rins dan Rossi.

Memasuki lap ke-18, Quartararo turun ke posisi enam setelah disalip Rins dan Rossi. Binder semakin tidak terkejar di tiga lap terakhir dengan keunggulan 3,2 detik. Binder akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan di depan dan menang MotoGP Ceko 2020 atas Morbidelli. Podium ketiga diraih Zarco.

Hasil MotoGP Ceko 2020

1. B. BINDER 41 menit 38,764 detik
2. F. MORBIDELLI +5.266 detik
3. J. ZARCO +6.470 detik
4. A. RINS +6.609 detik
5. V. ROSSI +7.517 detik
6. M. OLIVEIRA +7.969 detik
7. F. QUARTARARO +11.827 detik
8. T. NAKAGAMI +12.862 detik
9. J. MILLER +15.013 detik
10. A. ESPARGARO +15.087 detik

Sumber: Crash/CNN/Daily Star
Editor: Hary B Koriun


 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com