TENIS PRANCIS TERBUKA

Swiatek, si Cantik yang Membuat Rekor di Roland Garros

Olahraga | Sabtu, 10 Oktober 2020 - 02:08 WIB

Swiatek, si Cantik yang Membuat Rekor di Roland Garros
Iga Swiatek, non-unggulan yang membuat rekor sebagai gadis Polandia pertama yang lolos ke final Prancis Terbuka. (@IGASWIATEK)

PARIS (RIAUPOS.CO) - Kejutan terjadi di turnamen Prancis Terbuka 2020. Di luar dugaan, Iga Swiatek yang bukan kontestan unggulan mampu lolos ke final setelah mengalahkan Nadia Podoroska 6-2 dan 6-1 di Roland Garros Stadium, Kamis (8/10/2020) malam WIB.

Swiatek tercatat sebagai petenis wanita Polandia pertama yang sampai ke final Prancis Terbuka. Dia melakukannya di umur yang sangat muda yaitu 19 tahun 4 bulan.

"Saya sangat terkejut. Sebelumnya saya tidak pernah berpikir akan tampil sebaik ini. Tapi saya terus meyakini diri sendiri untuk lolos ke final Prancis Terbuka," kata Swiatek dikutip dari laman WTA.


"Saat di semifinal, saya tidak mau memikirkan banyak hal karena takut stres. Saya memainkan pertandingan seolah-olah ini babak pertama kejuaraan. Saya beruntung karena tidak mengalami cedera sedikit pun," ujarnya.

Perjalanan Swiatek di Roland Garros dimulai dengan menghadapi Marketa Vondrousova (Republik Ceko). Pada babak pertama, Swiatek menang 6-1 dan 6-2.

Di babak selanjutnya, dia menang 6-1 dan 6-4 atas Hsieh Su-wei (Taiwan). Setelah itu Swiatek berhasil menyingkirkan Eugenie Bouchard (Kanada) dengan skor 6-3 dan 6-2.

Di babak keempat, Swiatek bertemu Simona Halep yang tercatat sebagai unggulan pertama. Secara mengejutkan, dia bisa menang relatif mudah,  6-1 dan 6-2, hanya dalam waktu 68 menit.

Petenis ranking 54 itu kemudian menghadapi Martina Trevisan di babak perempatfinal. Hasilnya, Swiatek juga  menang mudah 6-3 dan 6-1. 

Yang menarik, dari babak penyisihan hingga semifinal, gadis cantik itu tak pernah kehilangan satu set pun. Semua dimenangkan dengan dua set.

"Ini seperti mimpi. Saya tahu sudah bermain dengan baik, tapi ini benar-benar sebuah kejutan. Ini sungguh gila," ucap Swiatek.

"Sungguh menakjubkan bisa berada di final Prancis Terbuka. Bagi saya ini mimpi yang jadi kenyataan. Sekarang saya harus fokus lagi untuk menghadapi pertandingan lain," tuturnya.

Hebatnya, Swiatek tak hanya tampil di nomor tunggal putri. Dia juga bermain di ganda putri bersama Nicole Melichar (Amerika Serikat). Sayangnya Swiatek gagal ke final setelah kalah 6-7 (5-7), 6-1, dan 4-6 dari Alexa Guarachi (Cili)/Desirae Krawczyk (AS) pada Jumat (9/10/2020) malam WIB.

Di final tunggal putri Sabtu malam, Swiatek akan berhadapan dengan unggulan keempat asal Amerika Serikat yang juga baru pertama kali ke final Prancis Terbuka, Sofia Kenin. Di semifinal, Kenin berhasil mengalahkan petenis senior asal Republik Ceko, Petra Kvitova dua set langsung, 6-4 dan 7-5.

Sumber: ATP/News/Roland Garros
Editor: Hary B Koriun

Editor : Bagusthira Evan Pratama








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-25.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com