MOTOGP 2020

Adiknya Jatuh, Rossi Bicara tentang Ban yang Tak Cocok

Olahraga | Sabtu, 10 Oktober 2020 - 19:04 WIB

Adiknya Jatuh, Rossi Bicara tentang Ban yang Tak Cocok
Valentino Rossi, mengkritik penyelenggaraan MotoGP Prancis. (AFP/CRASH)

LE MANS (RIAUPOS.CO) – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, melontarkan kritik keras soal kondisi ban yang digunakan para rider Moto2. Menurutnya, tekstur ban tersebut kurang cocok untuk digunakan dalam kondisi basah.

Alhasil, beberapa pembalap tampak kesulitan untuk mentas di Sirkuit Le Mans saat menjalani latihan bebas 1 dan 2 MotoGP Prancis 2020. Sebab dalam sesi itu, Sirkuit Le Mans diketahui diguyur hujan hingga mengakibatkan lintasan menjadi basah.


Tak hanya kesulitan, beberapa pembalap bahkan akhirnya harus mengalami insiden. Hal ini pun turut dialami adik Rossi, yakni Luca Marini. Ia mengalami kecelakaan tunggal yang cukup parah di latihan bebas kedua MotoGP Prancis 2020.

Saat tengah melintas dalam kecepatan tinggi, Marini tampak mengalami masalah pada motornya hingga jatuh dan terpelanting. Kecelakaan ini membuat pengawas balapan mengibarkan bendera merah dan FP2 dihentikan sementara.

Marini pun langsung mendapat pertolongan dari tim medis. Meski kecelakaan cukup parah, ia dinyatakan dalam kondisi yang baik dan diperbolehkan melanjutkan rangkaian GP Prancis 2020 yang berlanjut ke hari ini.

“Menurut saya, terutama di Moto2, ada beberapa masalah dengan ban, terlalu keras. Terutama yang basah, para pembalap kesulitan membalap dan bahkan mereka berlari di waktu Moto3, terutama saat cuaca dingin,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari GP One, Sabtu (10/10/2020).

“Mereka juga memiliki masalah yang sama, mereka bisa bertahan bahkan 40 atau 50 lap. Mereka bisa membuat ban lebih lunak untuk kondisi ini,” lanjutnya.

“Tetapi bagaimanapun juga, Luca Marini terjatuh karena dia melakukan kesalahan. Dia berada di lap kedua dan ban sisi kiri masih dingin,” tutur juara dunia sembilan kali itu.

Selain menyoroti soal ban, Valentino Rossi diketahui juga mengkritik soal penentuan jadwal MotoGP Prancis 2020 yang dinilai kurang tepat. Sebab, kondisi cuaca di Sirkuit Le Mans diprediksi bakal diguyur hujan. Situasi ini tentu saja bisa membahayakan para pembalap karena sirkuit menjadi licin.

Sumber: GP One/CNN/Crash
Editor: Hary B Koriun










youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-19.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com