SEA GAMES 2021 VIETNAM

Hajar Filipina 4-0, Indonesia Buka Peluang Lolos ke Semifinal

Olahraga | Jumat, 13 Mei 2022 - 20:00 WIB

Hajar Filipina 4-0, Indonesia Buka Peluang Lolos ke Semifinal
Muhammad Ridwan melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka saat mengalahkan Filipina 4-0 pada penyisihan Grup A SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB. (TWITTER @PSSI)

PHU THO (RIAUPOS.CO) – Timnas Indonesia U-23 menghajar Filipina U-23 dengan skor 4-0 pada penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5) sore WIB. Dengan kemenangan ini Garuda Muda pun membuka peluang lolos ke semifinal.

Dalam laga di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam itu, pelatih Indonesia Shin Tae Yong (STY) membuat kejutan dengan memainkan Muhammad Ridwan sebagai striker utama. Pada dua laga sebelumnya, STY memasang Irfan Jauhari sebagai bomber utama. Kali Ini Ridwan yang memiliki tinggi 184 cm itu dipercaya jadi ujung tombak.

Yamaha Alfa Scorpii

Ridwan menjawab kepercayaan STY dengan membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-18 usai menerima umpan manja Egy Maulana Vikri. 1-0 untuk Garuda Muda.

Filipina sendiri berusaha menyamakan kedudukan. Tapi lini belakang Indonesia yang dikawal kuartet Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto dan Asnawi Mangkualam tampil cukup solid.

Living World Pekanbaru

Pada menit ke-32, Witan Sulaeman mendapat peluang emas usai menerima umpan cantik Egy. Penyerang kelahiran Palu itu sudah berhasil mengecoh kiper Filipina, tapi sepakannya terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi pemain belakang lawan.

Indonesia akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Dari situasi tendangan bebas, umpan Syahrian Abimayu berhasil disundul Ridho untuk mengubah skor menjadi 2-0. Keunggulan dua gol bagi anak asuh STY ini bertahan hingga turun minum.


Di awal babak kedua, STY memasukkan Irfan Jauhari mengganti Ridwan. Sementara Rio Fahmi menggantikan Asnawi. Filipina nyaris memperkecil ketinggalan pada menit ke-57, namun bola mengenai mistar gawang Indonesia yang dikawal Ernando Eri Sutaryadi.

Indonesia masih mendominasi pertandingan hingga Egy Maulana Vikri membawa Garuda Muda unggul 3-0 pada menit ke-74. Berawal dari umpan pendek Jauhari, Egy menyambutnya dengan sepakan keras yang merobek gawang Filipina.

Setelah itu Egy ditarik dan digantikan Ronaldo Kwateh. Pemain berambut gimbal itu kemudian berkontribusi untuk gol keempat Indonesia. Penetrasinya memaksa pemain belakang Filipina melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Penalti untuk Indonesia.

Marselino yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Indonesia unggul 4-0 dan bertahan hingga laga bubar. Kemenangan ini membawa Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 6 poin dari 3 laga. Menggusur Myanmar ke posisi kedua karena unggul selisih gol.

Adapun Filipina turun ke peringkat keempat dengan 4 poin dan dipastikan gagal ke semifinal karena sudah empat kali bertanding.

Sumber: Pojoksatu.id

Editor: Edwar Yaman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  24-meii.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com