BURSA TRANSFER

Chelsea Dapatkan Ziyech dengan Harga “Murah”

Olahraga | Jumat, 14 Februari 2020 - 01:12 WIB

Chelsea Dapatkan Ziyech dengan Harga “Murah”
Hakim Ziyeck, salah satu pemain produktif mencetak gol dan pemberi umpan gol terbaik di Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam yang kini dimiliki Chelsea.(REUTERS/WOLFGANG RATTAY)

LONDON (RIAUPOS.CO) – Chelsea mendapat durian runtuh. Mereka berhasil membeli pemain dengan kualitas tinggi tetapi dengan harga yang lumayan murah. Mereka “hanya” mengeluarkan uang sebesar 33,6 pounsterling untuk mendapatkan pemain sekualitas Hakim Ziyech.

Untuk sekelas pemain yang sudah teruji kemampuannya dalam mencetak gol dan memberi umpan jadi gol (assist), harga Ziyech tergolong di bawah rata-rata. Padahal semua orang tahu, kemampuannya tersebut dibuktikannya bukan hanya di Liga Belanda, tetapi juga di Liga Champions ketika membawa Ajax Amsterdam ke semifinal musim lalu, termasuk menyingkirkan juara bertahan Real Madrid.

Juga, sebagai pembanding, harga itu tak genap setengah dari harga  Nicolas Pepe yang dibeli Arsenal pada musim panas lalu seharga 72 juta poundsterling. Banderol Ziyech juga tak lebih besar dibanding dengan Youri Tielemans (45 juta) dan Sebastien Haller (40 juta). Sebagai informasi, keduanya adalah rekrutan termahal Leicester City dan West Ham United.

Nah, Chelsea boleh berbangga dalam hal ini. Ziyech bahkan sudah menjadi top assist Eredivisie pada 2014/15. Perlu diingat, kala itu Ziyech belum bersama Ajax. Dia masih membela Heerenveen dan pindah ke Twente di pertengahan musim. 

Pendar Ziyech makin menjadi saat hijrah ke Ajax. Bila dihitung sejak musim 2017/18, catatannya sudah menyentuh 38 gol dan 47 assist. Rincinya, 98 pertandingan di Eredivisie dan Liga Champions.

Musim lalu jadi klimaksnya. Ziyech berhasil mengantar Ajax mengawinkan titel Eredivisie dan KNVB Cup. Ziyech juga menjadi pencetak assist terbanyak divisi teratas Liga Belanda kala itu. Bila ditotal, sudah 4 kali dia dikalungi titel top assist Eredivisie. 

Tak cuma di ajang domestik, pemain berpaspor Maroko itu juga tampil ciamik pada panggung Liga Champions. Dia menyumbang satu gol saat Ajax mempecundangi Real Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu.

Memang pada akhirnya Ajax mesti tersingkir di babak semifinal usai keok dari Tottenham Hotspur. Namun, Ziyech itu tak menghalanginya untuk masuk ke line-up terbaik Liga Champions 2018/19. 

Atas transfer yang sudah rampung ini, Ziyech mengucapkan terima kasih kepada Tuhan.

"Terima kasih, Tuhan," kata Ziyech di laman Instagram-nya.

Sumber: Bola/Soccernet
Editor: Hary B Koriun




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com