PEPARNAS 2021

Jokowi Tutup Peparnas, Papua Juara Umum

Olahraga | Minggu, 14 November 2021 - 06:02 WIB

Jokowi Tutup Peparnas, Papua Juara Umum
Presiden Joko Widodo saat menutup Peparnas 2021 Papua. (DOK KEMENPORA)

JAYAPURA (RIAUPOS.CO) - Presiden RI Joko Widodo resmi menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, Sabtu (13/11/2021). Sebelumnya, Papua juga sukses menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Selamat atas provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas ini Provinisi Papua juara umum meraih medali terbanyak," kata Jokowi dalam pidato penutupan di laman Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021).

Yamaha Alfa Scorpii

"Dan, selamat kepada Papua telah sukses menjadi tuan rumah PON dan Peparnas. Sekali lagi saya katakan, bukan hanya torang bisa. Tetapi, torang hebat," tambah Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah berjuang melewati segala keterbatasan.

Living World Pekanbaru

"Para atlet yang saya banggakan. Peparnas ini menunjukkan banyak pesan bahwa kesulitan bukan hambatan. Dengan kerja keras dan konsistensi kesulitan kita bisa lewati," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, dan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.


Tuan rumah Papua berhasil menjadi juara umum dengan meraih total 295 medali, dengan rincian 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu.

Angka ini mengalahkan Jabar yang berada di posisi kedua klasemen akhir dengan 110 emas, 92 perak, dan 75 perunggu. Sementara Jawa Tengah berada di urutan ketiga dengan 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Selain itu, masih berdasarkan data dari pihak penyelenggara terdapat pemecahan rekor tercipta dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet difabilitas tersebut.

Pada cabang olahraga atletik terdapat 96 pemecahan rekor Peparnas. Pun demikian cabang renang dengan 39 pemecahan rekor nasional dan Peparnas.

Ada pula dua pemecahan rekor ASEAN Para Games pada renang. Lalu angkat berat terdapat 13 pemecahan rekornas.

Sumber: JPNN/News/CNN/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  25-mai.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com