LA LIGA SPANYOL

Pecat Valverde, Ini Pelatih yang Diangkat Barcelona

Olahraga | Rabu, 15 Januari 2020 - 00:02 WIB

Pecat Valverde, Ini Pelatih yang Diangkat Barcelona
Quique Setien, meski diragukan, pernah mengalahkan Barcelona dan Real Madrid saat menangani Real Betis. (AP/MIRROR)

BARCELONA (RIAUPOS.CO) - Secara mengejutkan, Barcelona memecat Ernesto Valverde sebagai pelatih. Kegagalan di Piala Super Spanyol yang dimenangi Real Madrid, agaknya menjadi momen untuk itu.

Namun, dari awal, manajemen Barcelona sudah mulai tak sreg dengan kinerja Valverde saat di pertadingan pertama La Liga musim ini kalah dari Real Betis, dan beberapa kekalahan lainnya termasuk dari tim promosi Granada.

Meskipun Barcelona kini tetap di puncak klasemen La Liga (hanya beda selisih gol dengan Real Madrid), tetap jadi unggulan di Liga Champions dan Copa del Rey, namun para petinggi sudah tak yakin dengan kinerjanya.


Nah, yang menarik, Barca justru menunjuk pelatih "tak bernama" menggantikan Valverde. Tak banyak orang yang tahu siapa Quique Setien yang akan memegang kendali di ruang ganti Barca mulai akhir pekan ini saat berhadapan dengan Granada di lanjutan La Liga.

Meski begitu, saat memegang Real Betis, Setien pernah mempermalukan Barcelona dan Madrid. Bersama Betis, Setien mengalahkan Barcelona di Camp Nou dalam putaran pertama musim lalu. Los Verdiblancos unggul 2-0 pada babak pertama berkat gol Junior Firpo dan Joaquin Sanchez.

Pada babak kedua Barcelona memberi perlawanan. Messi mencetak gol untuk memangkas jarak, namun Giovani Lo Celso kembali membawa Betis unggul dua gol. Arturo Vidal turut berupaya mengejar keunggulan Betis yang dibalas Sergio Canales. Gol kedua Messi pada pengujung laga hanya mampu memperkecil margin. Betis menang 4-3 atas Barcelona.

Itu merupakan satu-satunya kemenangan Setien dari tujuh pertemuan melawan Barcelona. Dalam enam laga lain, Setien selalu mengalami kekalahan. Setelah kemenangan tersebut, Setien dan Betis mengalami satu kekalahan dari Barcelona pada putaran kedua musim lalu.

Selain mengalahkan Barcelona, Betis pun mempermalukan Madrid di Santiago Bernabeu pada putaran kedua musim lalu. Madrid yang kembali dipegang Zinedine Zidane tak mampu mengatasi perlawanan kesebelasan medioker tersebut. Gol Loren Moron dan Jese Rodriguez berbuah tiga poin bagi Betis.

Pada musim 2017/2018, Madrid juga takluk di Bernabeu ketika menjamu Betis. Gol tunggal Arnaldo Sanabria pada menit terakhir menjadi pembeda. Dari delapan kali bertemu melawan Madrid, selain meraih dua kemenangan, Setien juga dua kali imbang dengan Los Blancos dan empat kali kalah melawan klub yang paling sering menjadi juara di Liga Spanyol itu. 

Yang Pertama dalam 17 Tahun

Sementara itu, seperti ditulis Marca,   Valverde jadi korban pemecatan pertama Barcelona setelah 17 tahun. Sebelumnya Barcelona mengganti pelatih karena kontraknya habis dan tidak diperpanjang. Pemecatan Valverde pada Senin (13/1) malam waktu setempat menjadi rekor tersendiri bagi Barcelona.

Terakhir kali klub asal Catalunya tersebut mendepak pelatih saat memecat Louis van Gaal pada 26 Januari 2003, dikutip dari AS. Kala itu Van Gaal dipecat Barcelona setelah melakoni 30 pertandingan atau hanya tujuh bulan bertugas di Camp Nou.






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-01.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com