MOTOGP 2020

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Olahraga | Minggu, 15 November 2020 - 21:20 WIB

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, jadi juara dunia MotoGP 2020 dengan balapan masih menyisakan satu race. (AFP/CRASH)

VALENCIA (RIAUPOS.CO)  – Pembalap Suzuki Ectar, Joan Mir, menjadi juara dunia MotoGP 2020 setelah finis di posisi ketujuh dalam MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (15/11/2020) malam WIB. 

Race di Valencia ini sendiri dimenangi oleh pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang konsisten berada di depan sejal lap pertama. Pembalap Italia tersebut juga berada di pole position di garis start.


Morbidelli  memimpin balapan sejak lap pertama. Dia dibuntuti Jack Miller (Pramac Ducati), Pol Espargaro (KTM Red Bull), dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). Posisi 1, 2, 3 ini bertahan hingga finis. Nakagami sendiri mengalami crash hanya sesaat setelah dia berhasil mendahului Espargaro.

Sementara itu, Mir yang memimpin klasemen sementara, memulihkan posisinya dari peringkat 12 ke-10 pada awal balapan. Performa lebih baik ditunjukkan rekan setim sekaligus rivalnya di kejuaraan, Alex Rins, yang melesat ke posisi ketujuh, padahal sebelumnya menempati peringkat ke-14.

Nasib buruk justru menimpan rival Mir lainnya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Quartararo kehilangan harapannya menjuarai MotoGP 2020 karena terjatuh di tikungan keenam saat balapan menyisakan 19 lap lagi.

Sepanjang balapan, Morbidelli tampil luar biasa di posisi pertama. Pembalap asal Italia itu mempertahankan posisinya dari kejaran Miller, Pol, dan Nakagami hingga pertengahan balapan.

Namun, posisi keempat pembalap terdepan berubah saat balapan menyisakan delapan lap lagi. Nakagami terjatuh pada tikungna ke-14 ketika bertarung dengan Pol. Posisi keempat pun menjadi milik Rins.

Saat Rins menempati posisi empat, Mir pun perlahan-lahan naik ke peringkat tujuh. Finis di posisi ketujuh sudah cukup bagi Mir untuk menyegel gelar juara MotoGP 2020 karena torehan poinnya tidak mungkin dikejar lagi saat MotoGP 2020 menyisakan satu race lagi.

Balapan pun semakin sengit saat memasuki lap ke-24. Pertarungan memperebutkan posisi pertama terjadi antara Miller dengan Morbidelli. Kemudian, Pol cukup nyaman di posisi ketiga. Sementara itu, Rins bertarung dengan rekan setim Pol, Brad Binder, untuk mempertahankan posisi keempat.

Setelah melalui petarungan sengit dan beberapa kali saling mendahului di lap terakhir, kemenangan menjadi milik Morbidelli. Posisi kedua ditempati oleh Miller dan peringkat ketiga menjadi milik Pol. Sementara itu, posisi keempat ditempati Rins. Lalu, Mir yang finis ketujuh, resmi menjadi juara MotoGP 2020.

Sumber: Fox Sports/News/Crash
Editor: Hary B Koriun






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com