MOTOGP 2020

Joan Mir Akhiri 20 Tahun Dahaga Gelar Suzuki

Olahraga | Senin, 16 November 2020 - 00:05 WIB

Joan Mir Akhiri 20 Tahun Dahaga Gelar Suzuki
Joan Mir, menjadi juara dunia 2020 dan membanggakan Suzuki. (@MOTOGOP)

VALENCIA (RIAUPOS.CO)  – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengakhiri 20 tahun dahaga timnya di balapan kelas primer, MotoGP. Mir resmi menjadi juara musim 2020 setelah finis ketujuh di MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (15/11/2020), malam WIB.

Mir memiliki keuntungan dalam balapan itu karena memimpin klasemen sementara dengan koleksi 162 poin. Mir unggul 37 poin dari dua rival terdekatnya, Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).


Mir akan resmi menjadi juara jika minimal bisa menjaga keunggulan 26 poin dari dua rivalnya tersebut. Mir pun tampil di MotoGP Valencia 2020 dengan cukup tenang meski memulai balapan dari posisi ke-12.

Balapan seri ke-13 musim 2020 itu dimulai dengan sengit. Mir mampu memulihkan posisinya dengan menempati peringkat ke-10. Rins pun memulai balapan dengan sangat baik sehingga bisa menempati posisi ketujuh, padahal sebelumnya berada di peringkat ke-14.

Nasib buruk justru menimpa Quartararo yang terjatuh di tikungan keenam saat balapan menyisakan 19 lap lagi. Ketidakberadaan Quartararo membuat peluang Mir menjuarai MotoGP 2020 pun semakin besar.

Sementara itu, saat para pembalap di papan atas klasemen sementara berada di belakang, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) tampil perkasa dengan memimpin balapan. Morbidellli dibuntuti Jack Miller (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (KTM Red Bull).

Saat balapan tersisa beberapa lap lagi, Mir memantapkan dirinya di posisi ketujuh dan Rins menempati posisi keempat. Mereka berusaha meraih posisi lebih baik lagi, tetapi tidak berbuah hasil.

Kemenangan pun menjadi milik Morbidelli. Posisi kedua ditempati oleh Miller dan peringkat ketiga menjadi milik Pol. Sementara itu, Rins finis keempat dan Mir menempati posisi ketujuh sekaligus menyegel gelar juara musim ini.

Mir pun mengakhiri 20 tahun penantian Suzuki untuk melihat pembalapnya kembali menjadi yang terbaik di kejuaraan. Sebelum Mir, Kenny Robert Jr menjadi juara MotoGP bersama Suzuki pada musim 2000 ketika mesin yang digunakan masih 500 cc.

Keberhasilan Mir menjadi juara MotoGP 2020 semakin spesial karena terjadi saat Suzuki berumur 100 tahun. Dan satu lagi, Mir meraihnya di rumahnya sendiri: Spanyol.

Sumber: Fox Sports/AFP/News/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com