MOTOGP

Dovizioso ke Petronas, Morbidelli ke Pabrikan Yamaha

Olahraga | Jumat, 17 September 2021 - 03:03 WIB

Dovizioso ke Petronas, Morbidelli ke Pabrikan Yamaha
Andrea Davizioso dan Marco Morbidelli. (CRASH)

SAN MARINO (RIAUPOS.CO) - Pembalap Italia, Andrea Dovizioso, resmi bergabung dengan tim Petronas Yamaha untuk sisa MotoGP musim 2021 menggantikan posisi rekan senegaranya, Franco Morbidelli, yang pindah ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP.

Dovizioso dipastikan akan kembali balapan di MotoGP musim ini. Dovizioso akan bergabung dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) atau satu tim dengan Valentino Rossi.


Kepastian itu didapat setelah tim Petronas Yamaha mengumumkan Dovizioso sebagai pembalap baru mereka lewat akun Instagram tim.

"Pembalap Italia Andrea Dovizioso akan bergabung dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team untuk sisa musim 2021, menggantikan rekan senegaranya Franco Morbidelli yang pindah ke Monster Energy Yamaha MotoGP," tulis Tim Petronas Yamaha dalam akun Instagrammya.

Dovizioso sendiri terakhir kali tampil di MotoGP 2020 bersama Ducati. Musim lalu ia sukses finis di peringkat ke-4 klasemen akhir MotoGP 2020.

Sebelumnya, Dovizioso juga pernah menjadi pembalap tim satelit Yamaha pada musim 2012, saat itu dengan tim Monster Tech3 Yamaha.

Bank BJB

Sementara itu, Morbidelli telah dipastikan bergabung dengan Fabio Quartararo di tim pabrikan Yamaha. Morbidelli akan mengisi posisi yang ditinggalkan Maverick Vinales yang hengkang dari tim Monster Energy Yamaha ke tim Aprilia.

"Saya sangat senang dan bahagia menghadapi akhir pekan ini dan babak baru yang sangat dinanti dengan tim pabrikan Yamaha. Saya sudah berusaha untuk pulih secepat mungkin agar bisa tampil di tahap akhir kejuaraan ini. Saya ingin membuat comeback saya di trek yang saya kenal baik dan memiliki kenangan indah, seperti Misano," ucap Morbidelli dikutip dari laman MotoGP.

"Saya tak sabar untuk melompat ke atas motor dan memulai perjalanan saya dengan Monster Energy Yamaha MotoGP Team. Tentu saja, saya perlu dan saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membuat ini terjadi, mulai dari Ito-san, Lin, Maio, Sumi-san, Akademi Pembalap VR46, dan semua orang lain yang memungkinkan kolaborasi ini," ujarnya lagi.

Bos Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengaku berterima kasih kepada Petronas Yamaha SRT yang mengizinkan Franco Morbidelli naik ke tim pabrikan lebih cepat.

"Pertama-tama, kami ingin berterima kasih kepada Petronas Yamaha SRT karena telah mengizinkan Franky mewujudkan mimpinya dan membiarkannya naik ke tim pabrikan lebih cepat dari jadwal. Awalnya, kami telah merencanakan agar Franky naik dari 2022, tetapi setelah perubahan susunan pembalap yang tiba-tiba di pertengahan musim, kami memiliki kesempatan untuk membiarkannya meningkatkan lebih awal," jelasnya.

"Kedua, saya ingin memberikan sambutan hangat kepada Franky. Dia adalah bakat yang luar biasa. Ini bahkan lebih disorot tahun lalu ketika ia mengamankan tempat kedua di kejuaraan dan meraih lima podium dan tiga kemenangan di tim satelit Yamaha. Ini menunjukkan dia tipe pembalap yang berkomitmen untuk mengeluarkan kemampuan yang terbaik dari YZR-M1 dalam segala situasi," ucap Lin Jarvis.

Sumber: MotoGP/News/Crash
Editor: Hary B Koriun


Pemkab Siak


Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook









riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com