MOTOGP PORTUGAL 2021

Quartararo Juara, Marquez Selesaikan Lomba dengan Emosional

Olahraga | Minggu, 18 April 2021 - 21:06 WIB

Quartararo Juara, Marquez Selesaikan Lomba dengan Emosional
Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (tengah) diapit oleh Joan Mir (Suzuki Ectar/kiri) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) setelah menjuarai MotoGP Portugal 2021 di Sikuit Algarve, Portimao, Ahad (18/4/2021) malam WIB. (TWITTER MOTOGP)

PORTIMAO (RIAUPOS.CO) - Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kembali memperlihatkan keperkasaan dengan menjuarai MotoGP Portugal 2021 yang diselenggarakan di Sikuit Algarve, Portimao,  Ahad (18/4/2021) malam WIB.

Berada di pole position di awal balapan, pembalap Prancis itu sempat melorot ke posisi keenam di awal start, didahului oleh Johann Zarco (Pramac Ducati), Alexs Rins (Suzuki Ectar) di posisi kedua,  dan Marc Marquez (Repsol Honda) di tempat ketiga. Namun pelan tapi pasti, juara MotoGP Doha 2021 ini berhasil mengendalikan balapan dengan jarak hampir 5 detik saat finis.


Ada momen emosional di akhir balapan, di ruang ganti tim Repsol Honda. Marquez yang sudah absen lebih 9 bulan karena cedera parah, berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-7, tepat di depan sang adik Alex Marquez (LCR Honda).

Saat sampai di ruang tim Repsol Honda, Marquez terlihat menunduk sambil menutupi wajahnya dengan telapak tangannya. Para kru membiarkan salah satu pembalap fantastis ini larut dalam suasana emosiional beberapa saat. Setelah itu, Marquez bicara dengan krunya sambil mengelap air mata dan wajahnya dengan handuk.

Marquez pantas emosional. Dia mengalami kecelakaan maut di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 20 Juli 2020 lalu yang membuat tangannya patah dan harus melakukan dua kali operasi. Saat membalap di MotoGP Portugal ini, dia juga masih merasakan sakit di tangan kanannya, yang justru sepanjang balapan harus mengendalikan kecepatan.

Masuk 10 besar untuk pembalap yang sedang masa penyembuhan setelah mengalami kecelakaan maut adalah hal yang luar biasa. Ini yang membuat para kru Repsol Honda memberikan aplous atas kesuksesan Marquez menyelesaikan balapan.

Dalam balapan kali ini, pembalap paling senior dan legenda, Valentino Rossi (Petronas Yamaha), mengalami crash dan tak bisa meneruskan balapan. Tak hanya Rossi, beberapa pembalap terkenal seperti Jack Miller (Lenovo Ducati), Johann Zarco (Pramac Ducati), Pol Espargaro (Repsol Honda), dan Alex Rins juga gagal melanjutkan balapan karena jatuh.

Di arena, saat start dimulai, Zarco langsung menyodok ke urutan pertama, meski start dari tempat ketiga. Di saat bersamaaan, Quartararo mengalami penurunan posisi dan dapat diambil alih  Rins  dan Marquez yang menempati posisi dua serta tiga.

Hanya saja, posisi tiga yang ditempati Marquez tak bertahan lama. Belum genap satu lap, posisi tiga yang ditempatinya diambil alih Joan Mir (Suzuki Ecstar). Ketika mencoba kembali mendahului Mir, Marquez justru hampir menabrak juara dunia MotoGP 2020 tersebut. Akibatnya,  Marquez mengalami penurunan posisi hingga ke tangga ketujuh.

Sementara itu,  Zarco yang memimpin balapan sejak lap pertama, akhirnya didahului Rins di lap kelima. Hanya saja, keunggulan itu hanya bertahan sebentar karena Zarco kembali memimpin race. 

Memasuki lap keenam, Rins dan Quartararo kompak mendahului Zarco untuk menempati posisi satu dan dua. Di lap yang sama, rider andalan Ducati Lenovo, Jack Miller, serta Miguel Oliveira (Red Bull KTM)  terjatuh. Miller gagal melanjutkan balapan, sementara Oliviera tetap lanjut dan finis di posisi akhir, 16.

Bagaimana dengan Rossi? Hingga lap ketujuh, The Doctor menempati posisi 12.

Persaingan sengit antara Quartararo dan Rins berlanjut. Namun, Fabio sanggup menyalip  Rins untuk menempati posisi terdepan. Kemudian, rider asal Prancis itu menjaga jarak dari sang rival. 

Sementara itu Marquez perlahan-lahan posisinya mengalami penurunan. Hingga lap ke-12, Marquez menempati posisi kesembilan. Beberapa pembalap di depannya yang berjatuhan membuat dia finis di posisi ketujuh.

Hingga memasuki lap ke-15, Quartararo masih menempati posisi teratas. Ia ditempel ketat Rins di posisi kedua. Kemudian, posisi tiga dan empat diisi Mir dan Zarco.

Di lap yang sama, juara dunia tujuh kali kelas MotoGP, Rossi, gagal melanjutkan balapan. Ini sungguh ironis, karena dari tiga race awal MotoGP 2021,  Rossi hanya mendapatkan empat angka.

Nasib apes juga dialami Rins. Ketika mencoba mengejar Quartararo, Rins terjatuh di lap ke-19, tepatnya di tikungan kelima. Padahal, saat itu Rins sedang menempati posisi dua.

Berselang satu lap, giliran Zarco yang menempati posisi tiga terjatuh! Alhasil, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan  Mir menempati posisi dua dan tiga MotoGP Portugal 2021.

Berkat kemenangan ini,  Quartararo naik ke puncak klasemen MotoGP 2021 dengan 61 angka. Ia unggul 15 angka dari Bagnaia di posisi dua.

Berikut hasil race MotoGP Portugal 2021:

1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
4. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
5. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
6. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
7. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
8. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
9. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
10. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
11. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
12. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
13. Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
14. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
15. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
16. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

Gagal Finis:

--Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
--Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
--Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
--Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
--Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

Sumber: FOX Sports/News/MotoGP
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

TERBARU


EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com