PIALA EROPA 2020

Penalti Forsberg Menangkan Swedia atas Slovakia

Olahraga | Jumat, 18 Juni 2021 - 22:03 WIB

Penalti Forsberg Menangkan Swedia atas Slovakia
Penyerang Swedia, Emil Fosberg (kiri) saat merayakan golnya ke jala Slovakia bersama Robin Quaison, dalam pertandingan Piala Eropa 2020 di St Petersburg, Jumat (18/6/2021). (TWITTER UEFA)

ST PETERSBURG (RIAUPOS.CO) - Penyerang Swedia asal RB Leipzig,  Emil Fosberg, menjadi pahlawan setelah gol tunggalnya memenangkan Swedia atas Solvakia. Dalam laga Grup E Piala Eropa 2020 (Euro 2021) di Stadion Saint Petersburg, Jumat (18/6/2021) gol Fosberg dicetak lewat titik penalti. 

Hasil ini membuka jalan bagi Swedia untuk lolos ke 16 Besar. Dalam pertandingan sebelumnya, Swedia berhasil menahan tim favorit Spanyol, 0-0. Kini, dengan nilai 4, Swedia memimpin klasemen sementara Grup E.


Bagi Slovakia, hasil ini masih belum menutup kansnya untuk lolos ke babak knock out. Slovakia masih berada di posisi kedua di bawah Swedia dengan nilai 3, hasil kemenangan sebelumnyan, 2-1, atas Polandia.

Kedua tim bermain imbang 0-0 di babak pertama. Kedua tim terlihat terlalu berhati-hati dalam menyerang, sehingga minim peluang gol.

Swedia kembali menebar ancaman kepada Slovakia di awal babak kedua. Akan tetapi, sepak pojok Sebastian Larsson pada menit ke-47 disapu Ondrej Duda.

Emil Forsberg memanfaatkan bola liar tersebut dengan melepaskan tendangan first time, namun gagal menghasilkan gol.

Forsberg lalu memprotes keputusan wasit Daniel Siebert dan hakim garis yang memberikan tendangan gawang kepada Slovakia. Dalam tayangan ulang, tendangan Forsberg lebih dahulu membentur Patrik Hrosovsky sebelum meninggalkan lapangan.

Pada menit ke-50 giliran Duda yang mendapatkan peluang. Akan tetapi tendangan striker Slovakia itu melayang tipis di atas gawang Robin Olsen.

Robin Olsen melakukan penyelamatan penting dengan mementahkan sundulan Juraj Kucka menyambut tendangan bebas Marek Hamsik pada menit ke-58. namun hakim garis mengangkat bendera tanda Kucka lebih dahulu off-side.

Serangan beruntun dilakukan Swedia pada menit ke-60 ke pertahanan Swedia. Peluang pertama Swedia pada momen itu datang dari sundulan Ludwig Augustinsson hasil umpan silang Larsson dari sisi kanan. Sayangnya, peluang sundulan Augustinsson dari depan gawang bisa dimentahkan kiper Martin Dubravka.

Selanjutnya, giliran sundulan Marcus Danielson yang terlalu melebar usai menyambut umpan sundulan Alexander Isak.

Sundulan Isak pada menit ke-67 berkat umpan silang Mikael Lustig juga hanya melayang tipis di atas gawang Dubravka. Isak juga hanya bisa menundukkan kepalanya ke rumput lapangan setelah tendangannya pada menit ke-72 kembali digagalkan Dubravka.

Kesempatan emas kembali didapatkan Swedia pada menit ke-76 setelah Blagult mendapatkan penalti usai Dubravka dianggap melanggar Robin Quaison.

Forsberg yang menjadi penendang penalti tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Tendangan Forsberg ke sisi kiri tidak bisa dijangkau meski terbaca Dubravka. Gol yang ditunggu-tunggu Swedia itu pun tercipta di menit ke-77.

Alexander Isak kembali merepotkan pertahanan Slovakia pada menit ke-82. Isak lalu memberikan bola kepada Viktor Claesson yang kemudian melepaskan tembakan, namun bola diblok pertahanan Slovakia.

Ketika Slovakia mendapat sepak pojok di menit injury time, kiper Dubravka mencoba membantu serangan dengan maju hingga kotak penalti lawan. Namun keputusan Dibravka itu belum juga bisa mengubah skor. Swedia menang 1-0 atas Slovakia.

SUSUNAN PEMAIN

Swedia: Olsen, Lustig, Lindelof, Danielson, Augustinsson, Larsson, Olsson, Ekdal, Forsberg, Isak, Berg

Slovakia: Dubravka, Pekarik, Satka, Skriniar, Hubocan, Kucka, Hrosovsky, Koscelnik, Hamsik, Mak, Duda

Sumber: UEFA/News/CNN/Soccerway
Editor: Hary B Koriun 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com