Akhiri Penantian Panjang

Olahraga | Rabu, 19 Februari 2020 - 10:36 WIB

Akhiri Penantian Panjang
Lionel Messi

PARIS (RIAUPOS.CO) -- Lionel Messi dan Lewis Hamilton mengakhiri penantian panjang di ajang Laureus Awards. Keduanya ditabalkan sebagai atlet putra terbaik atau Sportsman of the year pada edisi 2020. Ajang tersebut berlangsung di Verti Music Hall, Berlin, Jerman Senin (waktu setempat).

Dua olahragawan besar dunia itu menyisihkan bintang maraton Eliud Kipchoge, Rafael Nadal (tenis), Tiger Woods (golf) dan Marc Marquez (balap motor). Penghargaan tersebut adalah gelar perdana buat Hamilton dan Messi. Untuk kali pertama dalam sejarah, penghargaan atlet putra terbaik diberikan kepada dua orang sekaligus sejak edisi pertama pada 2000.

Hamilton tercatat sudah enam kali masuk nominasi penghargaan Sportsman of the year pada penghargaan tahunan yang digagas Laureus Sport tersebut. Tahun ini, pencapaiannya diganjar setimpal. “Terima kasih Laureus Sport atas penghargaan kategori terbaik putra tahun ini,” katanya sebagaimana dikutip Planet F1.

"Aku tumbuh dalam olahraga yang telah memberikan makna pada hidupku," lanjutnya dikutip BBC. Juara dunia enam kali Formula 1 itu menyusul dua pembalap F1 terdahulu yang pernah dianugerahi gelar serupa. Yakni, Michael Schumacher pada edisi 2002 dan Sebastian Vettel (2014). Penghargaan yang diterima Hamilton tidak terlepas dari aksi hebatnya di lintasan F1 sepanjang tahun lalu.

Dari 21 race yang dia lalui, hanya empat kali dia terlempar dari podium dan berhasil memenangi 11 balapan. Di akhir musim dia menjadi juara dunia untuk kali ketiga beruntun sejak 2017-2019.

Pembalap jagoan Mercedes itu kali pertama masuk nominasi Laureus Awards pada edisi 2009. Empat kesempatan berikutnya hadir pada 2015, 2016, 2018, dan 2019. Hamilton hanya sendirian naik podium. Sayang, Messi tidak hadir pada malam penghargaan tersebut. "Ini adalah penghargaan yang sangat penting dan istimewa," katanya via tayangan video.

Hebatnya, Messi adalah sosok olahragawan dari sebuah tim (non individu) pertama yang dianugerahi penghargaan. Seperti halnya Hamilton, pesepakbola berkebangsaan Argentina itu berhasil mengakhiri penantian panjang pada awarding bergengsi olahraga sedunia itu.(jpg)

Dia sudah enam kali masuk nominasi, termasuk tahun ini. Kesempatan sebelumnya terjadi pada edisi 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2016.  

Sementara itu, pada kategori lainnya, pesenam putri Amerika Serikat Simone Biles menjadi atlet putri terbaik. Sedangkan cyclist asal Kolombia Egan Bernal didapuk sebagai breaktrough athlete of the year. Itu setelah dia memenangi grand tour pertamanya di Tour de France tahun lalu.(nap/jpg)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com