PIALA EROPA 2020

Kejutan! Hongaria Berhasil Tahan Prancis

Olahraga | Minggu, 20 Juni 2021 - 00:08 WIB

Kejutan! Hongaria Berhasil Tahan Prancis
Para pemain Hongaria saat merayakan gol yang dicetak Attila Fiola ke jala Prancis dalam penyisihan Grup F Piala Eropa 2020. (TWITTER UEFA)

BUDAPEST (RIAUPOS.CO) - Kejutan terjadi di babak penyisihan Grup F Piala Eropa (Euro 2021) di Stadion Puskas Arena, Sabtu (19/6/2021). Unggulan utama kejuaraan ini, Prancis, ditahan tuan rumah Hongaria 1-1.

Hasil ini membuat Prancis memimpin klasemen sementara Grup F --sebelum Portugal melawan Jerman-- dengan nilai 4. Sedangkan bagi Hongaria, satu poin ini membuat posisi mereka naik ke peringkat ketiga, dan tetap membuka peluang untuk ikut lolos ke 16 Besar.


Prancis tertinggal 0-1 di babak pertama berkat gol Attila Fiola pada menit ke-45+2. Sayap Hongaria ini menyisir sisi kanan pertahanan Prancis hingga masuk kotak penalti dan berhasil menaklukkan kiper Hugo Lloris.

Tertinggal 0-1 di babak pertama membuat Prancis langsung meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Raphael Varane dan kawan-kawan mencoba membongkar rapatnya pertahanan Hongaria sekaligus mendapatkan peluang gol lewat tembakan dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-50, tendangan bek kiri Lucas Digne masih bisa diblok lini belakang lawan. Dua menit berselang, tembakan Paul Pogba gagal menemui sasaran.

Masuknya Ousmane Dembele di menit ke-57 memberikan tenaga tambahan bagi serangan Prancis di babak kedua. Dembele langsung mendapatkan peluang di menit ke-59.

Akan tetapi, setelah mengecoh pemain belakang Hongaria, sepakan kaki kanan pemain Barcelona itu masih membentur tiang gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu Prancis akhirnya tiba pada menit ke-66 melalui kaki Antoine Griezmann usai memanfaatkan blunder pemain belakang Hongaria.

Barisan pertahanan Hongaria gagal membuang tendangan gawang  Lloris dengan sempurna. Bola kemudian bisa dikejar Mbappe yang kemudian melepaskan umpan tarik kepada Benzema.

Nahas bagi Hongaria, adangan bek Willi Orban yang ingin menghalau bola Mbappe tidak berujung sempurna. Bola liar langsung ditendang Griezmann yang datang dari belakang guna menyamakan skor.

Hongaria tampil cukup percaya diri pada laga ini. Meski tidak diunggulkan, tim asuhan Marco Rossi itu kerap bisa menembus pertahanan juara Piala Dunia 2018 tersebut.

Pada menit ke-74, Roland Sallai melepaskan tembakan dari jarak jauh, tetapi Lloris masih bisa menangkap bola dengan baik.

Peter Gulacsi membuat penyelamatan penting setelah mementahkan tendangan Mbappe dari jarak dekat pada menit ke-82 setelah kedua pemain berhadapan satu lawan satu.

Prancis memiliki peluang membalikkan kedudukan pada menit ke-90+3 setelah N'Golo Kante dilanggar Attila Fiola di dekat kotak penalti. Akan tetapi, tendangan bebas yang diambil Griezmann gagal menciptakan gol bagi Prancis. Tanpa tambahan gol pada sisa pertandingan, Hungaria imbangi Prancis 1-1.

SUSUNAN PEMAIN

Hungaria: Gulasci, Botka, Szalai, Fiola, Kleinheisler, Nagy, Nego, Orban, Sallai, Schafer, Szalai

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Kimpembe, Digne, Pogba, Kante, Rabiot, Griezmann, Benzema, Mbappe

Sumber: UEFA/CNN/Soccerway
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com