SEPAKBOLA OLIMPIADE

Singkirkan Jepang, Spanyol Tantang Brazil di Final 

Olahraga | Rabu, 04 Agustus 2021 - 03:04 WIB

Singkirkan Jepang, Spanyol Tantang Brazil di Final 
Penyerang sayap Spanyol, Marco Asensio, menjadi pahlawan setelah mencetak gol tunggal ke jala Jepang dalam babak semifinal cabang sepakbola Olimpiade Tokyo. (AFP/GETTY IMAGES/DAILY MAIL)

TOKYO (RIAUPOS.CO) - Spanyol berhasil melangkah ke final Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Jepang 1-0 lewat babak perpanjangan waktu di Stadion Saitama, Selasa (3/8/2021).  

Kesuksesan ini membuat La Furia Roja akan menantang juara bertahan Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil. Selecao lolos ke final setelah menang lewat adu penalti atas peraih emas Olimpiade London, Meksiko.


Spanyol langsung tampil menekan sejak menit pertama pertandingan. Dua peluang pun tercipta melalui Mikel Merino dan Dani Olmo yang masih bisa digagalkan pemain-pemain belakang Jepang.

Spanyol terus menguasai permainan setelah dua peluang di menit-menit awal. Namun, dominasi itu tidak dibarengi kemampuan untuk menciptakan peluang.

Spanyol justru kesulitan untuk bisa menciptakan peluang berbahaya ke gawang lawan. Alhasil, bentrok kedua tim hingga pertengahan babak pertama berjalan agak monoton.

Jepang baru bisa keluar dari dominasi Spanyol memasuki 15 menit terakhir babak pertama. Dua peluang beruntun didapat Takefusa Kubo dan Wataru Endo yang belum bisa menggetarkan gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Jelang akhir babak pertama, Jepang kembali mendapatkan peluang. Kali ini, Ao Tanaka coba menebar ancaman tetapi tendangannya dari dalam kotak penalti bisa diblok pemain belakang Spanyol.

Di babak kedua, Spanyol mendapatkan hadiah penalti setelah Mikel Merino dilanggar Maya Yoshida pada menit ke-57. Namun, keputusan itu dianulir oleh wasit setelah melihat Video Assistant Referee (VAR).

Tensi permainan berjalan semakin sengit setelah wasit menganulir hadiah penalti untuk Spanyol. Spanyol pun semakin gencar menciptakan peluang berbahaya ke gawang lawan.

Sedikitnya tiga peluang tercipta melalui Mikel Oyarzabala, Rafa Mir, dan Carlos Soler yang belum juga bisa membobol gawang Jepang. 

Ketidakmampuan kedua tim mencetak gol membuat skor imbang 0-0 selama 90 menit dan pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Spanyol akhirnya bisa menciptakan gol untuk membuat skor jadi 1-0 pada menit ke-115. Marco Asensio berhasil membobol gawang Jepang melalui tendangan yang diarahkan ke pojok kanan gawang Kosei Tani.

Gol itu bermula dari umpan pendek Mikel Oyarzabal kepada Asensio. Pemain Real Madrid yang masuk sebagai pemain pengganti itu melakukan sentuhan pertama dengan kaki kanan lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang menggetarkan gawang Jepang.

Setelah kebobolan, Jepang menciptakan beberapa kali kamelut di depan jala Unai Simon. Sayangnya, hingga babak perpanjangan waktu berakhir, W Endo dkk tak bisa mencetak gol.

Jepang akan memperebutkan medali perunggu melawan Meksiko.

SUSUNAN PEMAIN

Jepang (4-4-1-1): Kosei Tani; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Kou Itakura, Yuta Nakayama; Ritsu Doan, Wataru Endo, Ao Tanaka, Reo Hatate; Takefusa Kubo; Daichi Hayashi

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Oscar Gil, Eric Garcia, Pau Torres, Marc Cucurella; Mikel Merino, Martin Zubimendi, Pedri; Rafa Mir, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo

Sumber: Olympic/News/Soccerway
Editor: Hary B Koriun



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





TERBARU



Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com