SEA GAMES 2021 HANOI

Untuk Kali Pertama dalam Sejarah, Timnas Basket Indonesia Raih Emas

Olahraga | Minggu, 22 Mei 2022 - 20:00 WIB

Untuk Kali Pertama dalam Sejarah, Timnas Basket Indonesia Raih Emas
Tim bola basket Indonesia merayakan sukses meraih medali emas SEA Games 2021 Hanoi usai mengalahkan Filipina di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Ahad (22/5/2022). (TWITTER @NOCINDONESIA1)

HANOI (RIAUPOS.CO) - Sejarah besar tercipta dari arena basket SEA Games. Tim Nasional Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah berhasil meraih emas SEA Games 2021 Hanoi.

Pada laga terakhir hari ini (22/5), Indonesia mengandaskan raja terbesar Asia Tenggara dan juara 18 kali SEA Games, Filipina dengan skor 85-81.

Yamaha Alfa Scorpii

Pertandingan di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi tersebut terasa menyakitkan bagi Filipina. Sebab, inilah untuk kali pertama dalam 13 edisi terakhir, Filipina gagal meraih emas. Jadi, sejak edisi 1991 di Manila sampai 2019 juga di Manila, Filipina selalu dominan dan menjadi juara.

Turnamen basket SEA Games 2021 berformat round robin. Indonesia berhasil meraih emas dengan menyapu bersih enam kemenangan (6-0). Sementara itu, Filipina punya rekor 5-1. Satu-satunya kekalahan terjadi saat tim berjuluk Gilas Pilipinas tersebut tumbang di tangan Indonesia hari ini.

Pertandingan Indonesia versus Filipina berjalan dengan sangat dramatis. Saat kuarter keempat menyisakan 3 menit dan 24 detik, Indonesia masih memimpin 8 poin dalam kedudukan 78-70. Filipina berusaha terus mengejar. Tetapi ketika laga menyisakan 26 detik, Indonesia menjaga keunggulan dengan skor 81-79.

Dan akhirnya, Indonesia mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 4 poin. Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat Marques Bolden menjadi bintang kemenangan Indonesia. Center bertinggi 208 cm yang pernah bermain di Cleveland Cavaliers tersebut mencatat double-double dengan 18 poin, 10 rebound, plus 2 blok.


Sementara itu, guard andalan Indonesia Abraham Damar Grahita juga tampil produktif dengan catatan 17 poin. Center berusia 19 tahun, orang Indonesia pertama yang bergabung dengan NBA Global Academy, Derrick Michael Xzavierro juga tampil solid. Dia membantu Indonesia dengan mencatat 14 poin dan 7 rebound.

Dari kubu Filipina, Matthew Wright tampil tajam dengan 23 poin. Sementara itu center bertinggi 208 cm June Mar Fajardo mencatat 20 poin. Sedangkan shooting guard andalan Filipina Thirdy Ravena menambahkan 17 angka. Namun, itu semua tidak cukup untuk membawa Filipina untuk meraih kemenangan.

 

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com