LIGA INGGRIS

Tentang Penalti, Wasit Mike Dean Dituduh Selalu Rugikan Liverpool

Olahraga | Sabtu, 23 Januari 2021 - 01:05 WIB

Tentang Penalti, Wasit Mike Dean Dituduh Selalu Rugikan Liverpool
Wasit Mike Dean (kanan) saat beradu argumentasi dengan kiper Liverpool, Alisson Becker dan seorang ofisial Liverpool dalam pertandingan antara The Reds melawan Burnley di Liga Inggris. (TWITTER LIVERPOOL)

LIVERPOOL (RIAUPOS.CO) – Liverpool mendapat kekalahan dengan skor 0-1 saat menghadapi Burnley dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Namun, pertandingan tidak berakhir begitu saja, karena kini ramai dibahas soal kinerja Mike Dean, wasit yang memimpin pertandingan Liverpool vs Burnley tersebut.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Anfield, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB tersebut, Liverpool sebenarnya mengontrol jalannya permainan. The Reds tidak hanya unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 70 persen, namun mereka juga melepaskan total 27 tembakan.


Kendati demikian, tidak ada satu pun dari upaya yang dilakukan oleh para pemain tersebut menjadi gol. Di sisi lain, Burnley yang hanya melepaskan enam tembakan justru mencetak satu gol lewat eksekusi penalti Ashley Barnes di menit ke-83.

Wasit Mike Dean  menilai Alisson Becker melakukan pelanggaran terhadap Barnes yang sedang mengejar bola di kotak terlarang.  Mike Dean kemudian menghadiahi Burnley penalti yang pada akhirnya membuat Liverpool tumbang.

Sepanjang gelaran Liga Inggris 2020-2021 berlangsung, Dean sejatinya sudah dua kali memimpin pertandingan Liverpool. Sebelum pertandingan melawan Burnley, ia memimpin laga Liverpool vs Sheffield United yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2020.

Menariknya,  Dean selalu menghadiahi kedua lawan Liverpool tersebut penalti. Di laga kontra Sheffield,  Dean menunjuk titik putih pada menit ke-13. Sander Berge yang menjadi eksekutor sukses membua Sheffield memimpin 1-0 pada saat itu.

Hanya saja, di laga melawan Sheffield tersebut Liverpool mampu bangkit. The Reds mencetak dua gol balasan masing-masing melalui Roberto Firmino dan Diogo Jota. Liverpool pun menang dengan skor 2-1.

Fakta menarik lainnya, selama Dean menjadi wasit di Liga Inggris, ia ternyata tak pernah memberikan hadiah penalti kepada Liverpool satu kali pun. Padahal, selama 21 musim bertugas di Liga Inggris,  Dean sudah memberikan 174 hadiah penalti kepada tim lain.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tidak bisa menilai apakah penalti yang diberikan Dean di laga kontra Burnley semalam sudah benar atau salah. Sebab, Alisson mengadu kepada Klopp bahwa ia tidak menyentuh Barnes sebelum insiden terjadinya penalti tersebut.

“Mereka mendapatkan penalti. Alisson mengatakan kepada saya bahwa dia tidak menyentuhnya, tetapi saya tidak melihatnya kembali,” terang Klopp kepada BBC, Jumat (22/1/2021).

Sumber: BBC/News/Daily Mail
Editor: Hary B Koriun


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-03-04.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com