SEPAKBOLA RAIH PERUNGGU

Indonesia Kokoh di Tiga Besar

Olahraga | Senin, 23 Mei 2022 - 09:12 WIB

HANOI (RIAUPOS.CO) - SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam akan berakhir, Senin (23/5) hari ini. Kontingen Indonesia berhasil memenuhi target finish tiga besar SEA Games 2021 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Pada Ahad (22/5) bisa dikatakan menjadi puncak dari perebutan medali pada pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Berdasarkan data NOC Indonesia, sebanyak 241 medali diraih yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Cabor E-Sports pun menjadi penyumbang terakhir medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2021. Tepatnya Tim PUBG Mobile Indonesia sukses meraih medali emas ke-69 Indonesia malam tadi.

Yamaha Alfa Scorpii

Sebelumnya, Ahad (22/5), Indonesia menambah 9 emas melalui cabang olahraga (cabor) menembak, angkat besi, bulu tangkis, voli indoor, basket, tinju, dan fin swimming (renang sirip). Indonesia pun berada di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

Vietnam memuncaki klasemen dengan mengoleksi 443 medali dari jumlah 206 emas, 124 perak, dan 113 perunggu. Sementara itu, Thailand yang menempati peringkat kedua meraih 92 emas, 101 perak, dan 135 perunggu.

Salah satu cabor yaitu basket bahkan berhasil mengukir sejarah dengan meraih medali emas pertama sejak berpartisipasi di SEA Games pada 1977.  Timnas bola basket 5x5 Indonesia berhasil memutus dominasi Filipina yang merupakan peraih 13 medali emas SEA Games secara beruntun sejak 1991.

Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono menyebut hari terakhir pertandingan penuh kejutan. "Pagi hari, lifter Indonesia Zul Ilmi tampil mengejutkan dengan mempersembahkan emas untuk Indonesia pada debutnya," kata Ferry dikutip dari siaran pers NOC Indonesia.


"Pada sore harinya, timnas basket Indonesia membuat sejarah besar dengan untuk kali pertama mengalahkan Filipina sejak cabang olahraga basket dipertandingkan di SEA Games pada 1977. Ini sejarah besar bagi kita, tak hanya di basket. Namun juga bagi bangsa kita Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, tim nasional sepakbola Indonesia menyumbangkan medali perunggu pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Hasil itu diraih setelah Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 4-3 lewat babak adu penalti dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion My Dinh, Hanoi, Ahad (22/5). Pemenang ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Gol Indonesia pada waktu normal dicetak Ronaldo Kwateh (68’). Sementara itu, gol Malaysia diciptakan M Hadi Fayyadh (81’). Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) sebenarnya ditargetkan membawa timnya meraih medali emas. Namun, hasil tersebut tetap patut disyukuri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras sampai akhir pertandingan. Pertandingan perebutan tempat ketiga ini sulit. Sebab, sampai latihan terakhir, hanya 14 pemain yang siap," tutur pelatih asal Korea Selatan itu setelah pertandingan.(fiq/c17/ali/jpg)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-11.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com