PIALA EROPA 2020

Ini Tim yang Punya Kans Lolos Peringkat 3 Terbaik 

Olahraga | Rabu, 23 Juni 2021 - 03:08 WIB

Ini Tim yang Punya Kans Lolos Peringkat 3 Terbaik 
Para pemain Swiss saat merayakan gol ke jala Turki. Swiss menempati posisi pertama klasemen tim peringkat tiga dan berpeluang lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2021. (TWITTER UEFA)

BAGIKAN



BACA JUGA

ROMA (RIAUPOS.CO) -  Perubahan terjadi di klasemen peringkat tiga terbaik Piala Eropa 2020 (Euro 2021) yang bisa menentukan nasib tim-tim tersebut ke babak 16 Besar.

Dari enam tim peringkat ketiga di putaran final Euro 2020, hanya empat tim terbaik yang berhak lolos ke babak 16 Besar.


Peringkat tiga terbaik menjadi topik panas setelah Grup B dan C menyelesaikan seluruh pertandingan. Pasalnya lewat hasil pertandingan itu, beberapa terbantu lolos ke babak gugur.

Swiss bisa jadi peringkat tiga terbaik pertama yang lolos ke babak 16 Besar. Hasil itu didapat setelah tim berjuluk Nati itu mengalahkan Turki 3-1 pada laga terakhir Grup A di Stadion Olimpico, Baku, Ahad (20/6).

Dengan kemenangan atas Turki, Swiss mengoleksi 4 poin dari 3 pertandingan. Poin tersebut sama dengan Wales, akan tetapi Swiss kalah selisih gol.

Berdasarkan pasal 21.03, hasil peringkat tiga akan dibandingkan setelah seluruh tim menyelesaikan tiga pertandingan di fase grup.

Setelah tim-tim tersebut melakoni tiga pertandingan, faktor pertama yang jadi perbandingan adalah jumlah poin yang lebih tinggi. Apabila memiliki poin yang sama, maka akan ditentukan lewat jumlah selisih gol yang lebih tinggi.

Hal berikutnya yang akan dilihat adalah jumlah gol yang dicetak, usai melewati faktor jumlah poin dan selisih gol.

Poin keempat dan kelima yang dipertimbangkan guna menentukan peringkat tiga terbaik adalah jumlah kemenangan serta poin disiplin.

Poin disiplin di sini dihitung berdasarkan poin yang lebih rendah dalam penerimaan kartu kuning dan kartu merah. UEFA menentukan, kartu merah langsung bernilai 3 poin, sedangkan kartu kuning bernilai 1 poin, sedangkan kartu merah karena dua kartu kuning bernilai 3 poin.

Jika tim-tim yang terkait tersebut masih memiliki perhitungan yang sama, penilaian keenam untuk menentukan tiga terbaik ini berdasarkan peringkat Kualifikasi Eropa secara keseluruhan.

Sampai dengan saat ini Swiss menempati puncak klasemen peringkat ketiga terbaik dengan torehan 4 poin. Di posisi kedua jadi milik Portugal yang baru mengoleksi 3 poin dari 2 pertandingan. Ukraina dan Finlandia secara berurutan di posisi ketiga serta keempat.

Portugal, Ukraina, dan Finlandia memiliki poin sama, 3, akan tetapi Selecao das Quinas unggul selisih gol. Spanyol yang baru memiliki 2 poin dan Kroasia dengan torehan 1 poin di peringkat kelima serta keenam.

Posisi-posisi tersebut bisa berubah seiring dengan Grup D hingga F menyelesaikan pertandingan ketiga. Akan tetapi selain tim-tim tersebut, empat tim lain sudah memiliki garansi lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setidaknya melalui peringkat tiga terbaik grup tergantung hasil akhir pertandingan Grup D hingga F.

Keempat tim tersebut adalah Ceko, Inggris, Swedia, dan Prancis yang sudah dinyatakan lolos ke babak 16 besar.

Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Euro 2020

1. Swiss        4 poin
2. Portugal    3
3. Ukraina     3
4. Finlandia   3
5. Spanyol     2
6. Kroasia     1

Sumber: UEFA/News/CNN/Daily Mail
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  28-jul.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com