PERBAKIN RIAU

Apresiasi Menembak Sumbang Emas Terbanyak Kedua SEA Games, Ini Kata DH

Olahraga | Rabu, 25 Mei 2022 - 15:35 WIB

Apresiasi Menembak Sumbang Emas Terbanyak Kedua SEA Games, Ini Kata DH
Ketua PB Perbakin Letjen Joni Supriyanto foto bersama dengan atlet menembak Indonesia usai berlaga di SEA Games 2021 Vietnam, baru-baru ini. (PB PERBAKIN UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Kerja keras Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak Indonesia (PB Perbakin) membuahkan hasil di SEA Games 2021 Hanoi. Menembak menjadi cabang olahraga tersukses kedua di pesta olahraga Asia Tenggara itu dengan mengumpulkan delapan medali emas, enam perak, dan dua perunggu. Cabang peraih emas terbanyak dipegang dayung dengan total 14 emas, 13 perak dan tiga perunggu. Peraih emas terbanyak ketiga adalah panahan dengan lima emas dan satu perak.

Pencapaian itu membuat tim menembak Indonesia puas. Manajer tim Candy Christian Riantori mengaku sangat bangga dengan hasil SEA Games 2021. Ia mengatakan hasil itu tidak diraih dengan mudah. Perlu kerja keras, terutama dalam program latihan.

Yamaha Alfa Scorpii

“Ini tidak diraih semudah membalik telapak tangan. Kami menjalankan program latihan yang ketat dan keras,” kata Candy, seperti yang disampaikan NOC Indonesia dalam keterangan resminya, Rabu (25/5/2022).

Selama Pelatnas berlangsung, para atlet juga diberi kesempatan mengikuti kejuaraan-kejuaraan dunia dan regional. Seperti kejuaraan di Budapest, Hungaria. Ini menjadi uji mental bagi atlet Indonesia, karena kejuaraan ini diikuti atlet kelas dunia.

Dari kejuaraan-kejuaraan tersebut ternyata mampu membangkitkan semangat atlet Indonesia. Pengalaman bersaing dengan atlet tingkat dunia menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga berpengaruh saat tampil di SEA Games.

Bukan hanya PB Perbakin yang bangga. Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Riau juga ikut bangga dengan hasil yang dicapai atlet menembak Indonesia. Sebab satu dari delapan medali emas yang direbut Indonesia lahir dari atlet Riau. Ia adalah Totok Trimartanto. Atlet yang sudah berkali-kali mempersembahkan medali emas bagi Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) ini meraih medali emas SEA Games 2021 nomor rapid fire pistol tim putra bersama mantan atlet Riau Anang Yulianto dan Dewa Putu Suteja. Mereka mencatatkan nilai 1.710, unggul atas Vietnam yang meraih perak dengan nilai 1.706 dan Thailand yang meraih perunggu dengan koleksi 1.698 poin.


“Kami pasti bangga, atlet Riau bisa mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. Ini sumbangan kami bagi negara yang kita cintai,” kata Ketua Perbakin Riau Deddy Handoko Alimin kepada Riaupos.co, Rabu (25/5/2022).

DH, panggilan Deddy Handoko, berharap keberhasilan Totok menjadi pemicu semangat bagi atlet Riau untuk lebih berprestasi. Kini Totok memang menjadi panutan bagi atlet Riau. Selain sebagai atlet senior, prestasi Totok juga pantas dijadikan contoh oleh atlet Riau lainnya.

“Target kami adalah PON. Karena itu setelah SEA Games ini, atlet akan kami fokuskan kembali untuk mendulang prestasi di PON yang akan diselenggarakan di Sumatera Utara dan Aceh. Semoga hasil yang diraih menembak Riau lebih baik lagi,” harap DH.

Laporan: Abdul Gapur (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com