LA LIGA SPANYOL

Madrid Menangi El Clasico di Kandang Barcelona

Olahraga | Minggu, 25 Oktober 2020 - 00:04 WIB

Madrid Menangi El Clasico di Kandang Barcelona
Gelandang Real Madrid, Luka Modric, saat merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan El Classico La Liga di markas Barcelona, Stadion Camp Nou, Sabtu (24/10/2020). (AFP/MARCA)

BARCELONA (RIAUPOS.CO) – Real Madrid sukses mengalahkan Barcelona di laga El Clasico jilid I yang berlangsung  markas Barcelona, Camp Nou, pada Sabtu (24/10/2020) malam WIB. Madrid menang atas Barcelona dengan skor 3-1 di pertandingan lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 tersebut.

Federico Valverde, Sergio Ramos, dan Luka Modric menjadi tiga pemain Madrid yang membantu tim asuhan Zinedine Zidane itu untuk pulang membawa tiga poin. Sementara gol semata wayang Barcelona hanya mampu dicetak oleh Ansu Fati.


Bermain di kandang Barcelona,  Madrid justru menjadi tim pertama yang unggul di laga El Clasico tersebut. Valverde mampu menjebol gawang Barcelona yang dikawal oleh Neto ketika pertandingan baru berjalan lima menit.

Gelandang Uruguay itu menerima umpan dari Karim Benzema berlari tanpa kawalan usai memanfaatkan celah dari pertahanan Barcelona dan melakukan tendangan keras dari jarak dekat ke tiang jauh kiper. 

Namun, keunggulan Madrid itu nyatanya hanya berlangsung sebentar karena Blaugrana mampu  menyamakan kedudukan di menit kedelapan. Ansu Fati membalas gol Madrid hanya berselang tiga menit saja dari gol Valverde. 

Pemain 17 tahun itu mencetak gol berkat umpan dari Jordi Alba yang berhasil lolos dari kawalan Nacho Fernandez. Berkat gol itu, kini Fati pun menjadi pemain termuda yang mencetak gol di pertandingan El Clasico.

Setelah skor menjadi 1-1 pertandingan kian sengit. Kedua tim saling jual-beli serangan. Namun, pertahanan Madrid dan Barcelona sama kuat sehingga gol pun sulit untuk tercipta kembali.

Tak ayal skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Secara statistik, Madrid dan Barcelona sama kuat. Jumlah peluang yang diciptakan kedua tim pun tak terlalu jauh berbeda, yang menandakan laga El Clasico sangat menarik.

Kendati begitu, kejutan justru terlihat dari penguasaan bola. Sebab Madrid nyatanya mampu memegang bola hampir 54% dari keseluruhan permainan di babak pertama, sesuatu hal yang jarang terjadi di pertandingan El Clasico sebelumnya.

Memasuki babak kedua, Barcelona terlihat bermain jauh lebih ngotot dari babak pertama. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya peluang menyerang yang diciptakan oleh pasukan Ronald Koeman itu ketika babak kedua baru saja dimulai.

Meski begitu, Madrid masih mampu bertahan dengan baik. Skuad asuhan Zinedine Zidane itu bahkan beberapa kali sempat membalas serangan dari Barcelona meski pada akhirnya gol pun juga tak tercipta.

Makin lama pertandingan El Clasico pun makin panas. Sengitnya pertandingan membuat pelanggaran tak terhindarkan, sayangnya gara-gara permainan keras itu Barcelona justru melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti mereka sendiri.

Kapten Madrid, Sergio Ramos terlihat ditarik bajunya oleh Clement Lenglet saat terjadi skrimit di kotak penalti. Awalnya wasit meragukan hal tersebut, karenanya ia memutuskan untuk meminta bantuan dari Video Assistant Referee (VAR). Setelah melihat VAR, wasit memutuskan untuk menghadiahi Madrid tendangan penalti.

Ramos yang melakukan sendiri mengeksekusi tendangan penalti  menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil di menit ke-68 Madrid mampu unggul 2-1 atas Barcelona untuk sementara waktu.

Tertinggal satu gol membuat Barcelona bermain makin ngotot. Beberapa peluang berhasil dibuat kembali oleh Barcelona, baik melalui Ansu Fati, Philippe Coutinho, atau Lionel Messi. Namun, semua peluang itu lagi-lagi berhasil dimentahkan oleh Thibaut Courtois dan rekan setimnya.

15 menit terakhir Barcelona terus mengurung Madrid. Skuad berjuluk Los Blancos itu pun tampak kesulitan mempertahankan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh Barcelona.

Tak hanya itu, Koeman juga menurunkan lima penyerang untuk menjebol pertahanan Madrid ketika memasukkan Oesmane Dembelle, Antoine Griezmann, Martin Braithwaite, dan Tincao untuk mendukun Lionel Messi.

Akan tetapi, Madrid justru mampu mengambil celah dan mencetak gol kembali ketika laga akan berakhir. Gol ketiga Madrid disumbangkan Luka Modric yang masuk menggantikan Fede Valverde di babak kedua. Sebelum menendang bola ke gawang, Modric sempat mengecoh para pemain bertahan Barcelona di menit 90 setelah mendapatkan bola muntah dari kiper Neto. Gol ini diawali serangan yang dilakukan Vinicius Jr yang berhasil dihentikan kiper kedua Barca tersebut

Waktu tambahan lima menit pun pada akhirnya tak membantu Barcelona. Alhasil, Madrid keluar sebagai pemenang di laga El Clasico jilid pertama  dengan skor 3-1.

SUSUNAN PEMAIN

BARCELONA (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Pedri, Philippe Coutinho, Ansu Fati; Lionel Messi (c).

CADANGAN: Martin Braithwaite, Riqui Puig, Junior Firpo, Carles Alena, Sergi Roberto, Antoine Griezmann, Arnau Tenas, Miralem Pjanic, Trincao, Ousmane Dembele, Ronald Araujo, Inaki Pena.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho, Raphael Varane, Sergio Ramos (c), Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos; Marco Asensio, Karim Benzema, Vinicius Junior.

CADANGAN:  Eder Militao, Andriy Lunin, Luis Lopez, Luka Jovic, Luka Modric, Rodrygo, Lucas Vazquez, Marcelo.

Sumber: BeIN Sports/News/Marca
Editor: Hary B Koriun








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-11-24.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com