LA LIGA SPANYOL

Kalahkan Tuan Rumah Valladolid, Madrid Rebut Puncak Klasemen

Olahraga | Senin, 27 Januari 2020 - 05:45 WIB

Kalahkan Tuan Rumah Valladolid, Madrid Rebut Puncak Klasemen
Bek Real Madrid, Nacho Fernandez, saat merayakan golnya ke jala Real Valladolid dalam lanjutan La Liga Spanyol yang berakhir Senin (27/1/2020) pagi. (AP PHOTO/LA LIGA)

VALLADOLID (RIAUPOS.CO) -  Untuk pertama kalinya musim ini, Real Madrid berhasil mengkudeta Barcelona dengan selisih angka. Madrid Berhasil mengalahkan tuan rumah Real Valladolid dengan skor tipis 1-0 pada pekan ke-21 La Liga 2019/20 yang dimainkan di Estadio Jose Zorrilla, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Madrid  menguasai puncak klasemen dengan unggul 3 angka dari Barcelona.

Madrid mengumpulkan 46 poin dari 21 laga yang sudah dimainkan. Barcelona yang sehari sebelumnya kalah 0-2 di kandang Valencia, mengumpulkan 43 angka di atas  Sevilla (38) dan Getafe (36) yang berada di empat besar alias zona Liga Champions. Valladolid sendiri masih berkutat di papan bawah, yakni peringkat 16. Klub yang kini dimiliki Ronaldo Nazario Lima (mantan bintang Madrid asal Brazil)  ini baru mengumpulkan 22 poin.

Madrid mengawali pertandingan dengan sangat sulit menembus pertahanan Valladolid. Tuan rumah yang dimotori gelandang menyerang Michel, sering menyulitkan bek-bek Madrid. Duet Rapahel Varane dan Sergio Ramos sering mendapat ancaman dari penyerang muda asal Turki, Enes Unal, dan duetnya, Sergio Guardiola.

Valladolid tampil berani di kandang, dengan menerapkan tekanan tinggi yang memaksa pemain Madrid kesulitan mengembangkan permainan. 10 menit pertandingan berjalan, Madrid belum menciptakan peluang berbahaya.


Casemiro sempat mencetak gol di menit ke-12, tapi dianulir wasit berkat bantuan VAR. Tendangan bebas Toni Kroos ditanduk Casemiro, yang ternyata sudah berada di posisi off-side. 20 menit laga berjalan, permainan Madrid buntu di lini tengah. Toni Kross dkk hanya mengalirkan bola dari satu sisi sayap ke sisi lainnya, tanpa benar-benar mengancam.

Valladolid perlahan-lahan berhasil melepaskan diri dari tekanan dengan merebut bola. Unal mencoba mengancam, tapi Varane masih bisa menghentikannya. Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Valladolid mulai melawan. Lini tengah Madrid mulai mendapatkan perlawanan, meski tidak ada ancaman berarti.

Di babak kedua, pertandingan dimulai kembali dengan tempo yang sama> Madrid masih menguasai permainan tapi tidak bisa menciptakan serangan berbahaya. Isco, Luka Modric maupun Kroos  terus mencoba berkreasi, namun belum ada yang berbuah gol.

Pada  menit ke-51, Rodrygo mengancam lewat tembakan melengkung dari tepi kotak penalti usai menerima umpan Casemiro, tapi masih bisa diselamatkan Jordi Masip. Delapan menit berselang, Madrid mengancam lewat umpan silang Fireland Mendy yang disambut Karim Benzema. Sayangnya, arah bola masih melenceng di samping gawang Masip.

Menit ke-63, Isco mendapatkan kesempatan tendangan bebas tepat di tepi kotak penalti Valladolid. Posisi yang menguntungkan, sayangnya sepakan Isco tidak tepat sasaran. Melambung di atas mistar.

Usaha Los Blancos akhirnya berbuah di menit ke-78. Ketika para penyerang frustrasi, Nacho muncul sebagai penyelamat dengan menanduk bola lambung hasil sepakan Kroos. Berawal dari tendangan sudut yang diblok, Kroos mendapatkan bola kembali dan melambungkan bola keduakalinya. Sejumlah pemain Madrid melompat di kotak penalti, Nacho yang tepat menyambutnya dengan sundulan keras. Bola jatuh jauh di sebelah kanan Masip.

Valladolid yang tak mau menanggung malu di kandang sendiri, tersengat dengan gol itu dan balik menyerang. Sebuah gol yang dibuat Guardiola di menit ke-87 memanfaatkan tendangan sudut, adalah hasil nyatanya. Sayangnya VAR menganulir gol tersebut lantaran Guardiola berada di posisi offside, meski sangat tipis.

Seusai pertandingan saat diwawancarai televisi ofisial La Liga, kapten Madrid, Sergio Ramos, menjelaskan, tidak mudah menaklukkan Valladolid di kandang sendiri. Katanya, tuan rumah bermain rapi dalam bertahan dan juga menyerang dengan baik. Menurutnya, selain hasil kerja keras semua pemain, kemenangan yang didapat sedikit berbau keberuntungan.

“Saya dan seluruh anggota tim sangat senang dengan kemenangan ini. Sekarang kami di puncak klasemen. Kami tak akan memikirkan pesaing kami, kami akan bekerja keras untuk mempertahankan selisih angka dengan Barcelona,” ujar pemain yang sempat absen 4 pertandingan karena cedera ini.

Susunan Pemain
REAL VALLADOLID  (4-4-2):
Jordi Masip; Raul Garcia, Mohammed Salisu, Kiko Olivas, Antonito; Federico San Emeterio (81' Miguel De la Fuente), Joaquin Fernandez, Michel (58' Toni Villa) Alcaraz; Enes Unal (76' Oscar Plano), Sergi Guardiola.

REAL MADRID  (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho Fernandez, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Luka Modric (88' Federico Valverde), Casemiro, Toni Kroos; Rodrygo (90' Luka Jovic), Karim Benzema, Isco (73' Lucas Vazquez)

 




youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-20.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com