Emilia Nova, Perempuan Pertama Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games

Olahraga | Rabu, 27 April 2022 - 22:00 WIB

Emilia Nova, Perempuan Pertama Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games
Pelari gawang Emilia Nova ditunjuk sebagai pembawa bendera Indonesia pada SEA Games 2021 di Hanoi. (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -Gebrakan baru terjadi. Untuk kali pertama dalam sejarah partisipasi Indonesia, akhirnya ada seorang atlet perempuan yang menjadi flag bearer atau pembawa bendera Merah Putih pada Opening Ceremony SEA Games.

Pelari gawang Emilia Nova ditunjuk sebagai pembawa bendera Indonesia pada SEA Games 2021 di Hanoi. Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Ferry Kono menjelaskan bahwa pemilihan Emilia sebagai flag bearer Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 disebabkan karena rekam jejak prestasi. Apalagi, SEA Games 2021 bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia pascamengalami cedera.

Yamaha Alfa Scorpii

“Dia berprestasi dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat concern dan mengedepakan gender equality. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” ucap Ferry dikutip dari siaran pers NOC Indonesia.

Emilia adalah peraih perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Dia juga mendapatkan perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan emas di SEA Games Manila 2019.

Living World Pekanbaru

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan. Itu terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih, dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April. Ini untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” ucap Ferry.


Sementara itu, Emilia mengaku bangga terpilih sebagai pembawa bendera di SEA Games. Apalagi, penunjukkan ini menjadikannya sebagai atlet putri pertama yang membawa bendera di SEA Games.

“Saya tidak menyangka karena kan banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba kok saya mendapat tawaran untuk membawa bendera,” ucap Emilia.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi come back saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” tambahnya.

Sebelum Emilia, Kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera Indonesia di Olimpiade Rio 2016.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  23-mei.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com