SEPAKTAKRAW RIAU

Tim Sepaktakraw Putra Riau Ujicoba Melawan Kelantan dan Sumbar di Padang

Olahraga | Jumat, 28 Februari 2020 - 01:20 WIB

Tim Sepaktakraw Putra Riau Ujicoba Melawan Kelantan dan Sumbar di Padang
Para pemain putra Riau saat turun di Piala Menpora 2019. (PSTI RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Tim sepaktakraw putra Riau diundang PSTI Sumatra Barat (Sumbar) untuk pertandingan persahabatan. Undangan ini disampaikan setelah mereka kedatangan tim Sepaktakraw asal Kelantan, Malaysia, yang melakukan ujicoba ke sana.

Tim Kelantan sendiri sebenarnya pernah datang ke Riau pada Juli 2019 lalu. Saat itu, ujicoba dilakukan dengan sistem turnamen kecil karena pada saat yang bersamaan Riau juga kedatangan tim Sumatra Utara (Sumut) dan Sumbar. Saat itu Sumbar hanya mengirimkan tim putrinya.

Kabid Binpres PSTI Riau, H Armon Yornes, menjelaskan, selain ujicoba, kegiatan ini juga dalam rangka menjalin silaturahmi antardaerah dalam rangka pengembangan sepaktakraw di Sumatra. Hubungan antara PSTI Riau dan Sumbar selama ini sudah berjalan sangat baik. Kedua daerah sering saling berkunjung untuk pertandingan persahabatan.

"Hanya saja, yang berangkat kali ini cuma tim putra karena Kelantan hanya membawa tim putranya," jelas Armon kepada Riaupos.co.

Dijelaskan Armon, saat ini tim sepaktakraw putra-putri Riau sedang menjalani taining center (TC) berjalan. Mereka latihan empat kali sepekan di GOR Sepaktakraw Purna MTQ, Pekanbaru.

PSTI Riau sengaja melakukan TC jangka panjang sebelum nantinya melakukan TC penuh menjelang keberangkatan ke PON Papua pada Oktober-November 2020. Dengan program yang disusun tim pelatih sedemikian rupa, diharapkan persiapan panjang ini bisa memenuhi target prestasi.

PSTI Riau menargetkan dua emas dari empat nomor putra-putri yang diikuti nantinya. Sebagai juara Pra PON 2019 putra-putri, Riau akan turun di dua nomor utama, yakni tim dobel iven dan quadrant.

Untuk melihat hasil TC berjalan ini, salah satunya adalah di turnamen Andalas Cup 2020 pada Juni nanti, yang rencananya akan dilangsungkan di Bengkulu. Menurut Armon, di turnamen itulah segala kekuarangan akan diperbaiki hingga menjelang keberangkatan agar tampil maksimal di PON.

"Andalas Cup yang sudah lama vakum ini akan dipertandingkan kembali. Seluruh provinsi di Sumatra telah disepakati akan hadir," jelas Armon lagi.

Dalam ujicoba ke Padang ini, tim Riau meminta agar dimainkan juga pertandingan tim dobel atau quadrant karena fokus Riau sekarang ke sana. Seperti dijelaskan di atas, dua nomor tersebut yang akan diikuti Riau di PON Papua nanti.

"Mereka mengundang untuk bermain tim regu. Tapi kami akan meminta juga dimainkan tim dobel dan quadrant. Kami sedang fokus ke dua nomor tersebut," ungkap Armon lagi.

Dalam lawatan ke Padang ini, Suripto dkk didampingi pelatih H Suhartoni, Ketua Harian PSTI Riau H Syamri, dan Kabit Libang Yuzevo.

Penulis/Editor: Hary B Koriun

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com