LIGA CHAMPIONS: PSG VS CITY

Duel Dua Tim Kaya dan Belum Pernah Juara

Olahraga | Rabu, 28 April 2021 - 23:07 WIB

Duel Dua Tim Kaya dan Belum Pernah Juara
Neymar Jr dan Kylian Mbappe, duet maut Paris St Germain yang akan menyulitkan pertahanan Manchester City. (REUTERS/DAILY MAIL)

PARIS (RIAUPOS.CO) - Laga Paris Saint-Germain (PSG) lawan Manchester City di semifinal Liga Champions adalah duel dua tim dengan harga skuad triliunan rupiah.

PSG membuktikan kekuatan finansialnya sejak dipegang oleh Sheikh Mansour. PSG adalah tim yang mengguncang rekor transfer dunia saat memboyong Neymar dari Barcelona dengan harga 222 juta euro (Rp3,8 triliun).


Harga Neymar saat itu dua kali lipat dari rekor transfer pemain termahal sebelumnya atas nama Paul Pogba. Melejitnya nilai transfer tersebut membuat rekor transfer itu belum bisa dipecahkan hingga saat ini.

Kehebohan pembelian Neymar masih ditambah perekrutan Kylian Mbappe yang mencapai 180 juta euro. Harga Mbappe terbilang sangat fantastis mengingat ia saat itu baru bersinar beberapa saat bersama AS Monaco.

PSG juga tanpa kesulitan berarti memboyong Mauro Icardi dengan harga 50 juta euro untuk membuat barisan depan mereka bertambah tebal.

Seperti ditulis France Football, Pemain-pemain lain yang terbilang berbanderol mahal di PSG adalah Angel Di Maria, Julian Draxler, Thilo Kehrer, hingga Leandro Paredes.

Kubu City juga serupa. Dalam daftar skuad  City, memang tidak ada nama pemain menonjol yang masuk dalam daftar lima pemain termahal di dunia.

Namun City adalah klub yang dengan mudah menggelontorkan nilai transfer di rentang 50 juta poundsterling (Rp1 triliun) hingga 70 juta poundsterling (Rp1,4 triliun).

Akibat kebijakan tersebut,  City akhirnya punya skuad dengan kedalaman yang mengerikan bagi lawan.

Pep Guardiola bisa dengan menutup mata memilih pemain-pemain yang bisa ditempatkan sebagai gelandang atau trio lini serang.

Jajaran pemain seperti Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Phil Foden, Bernardo Silva, Ferran Torres, Sergio Aguero, Ilkay Gundogan, hingga Kevin De Bruyne sangat luwes untuk diputar di formasi gelandang dan penyerang.

Untuk membuat tim lebih komplet pun, City tak segan mengeluarkan uang besar demi membeli full back macam Benjamin Mendy, Kyle Walker, hingga Joao Cancelo.

Kekuatan finansial PSG dan City pula yang membuat keduanya diyakini sebagai dua tim yang mampu menampung Lionel Messi. La Pulga sendiri sempat diisukan ingin pergi dari Barcelona dan hanya dua klub tersebut yang dinilai punya kemampuan finansial memberikan gaji setimpal.

Selain sama-sama punya kekuatan finansial yang mumpuni, persamaan lain PSG dengan City adalah mimpi menjadi juara Liga Champions yang belum terwujud hingga saat ini.

Dengan bentrok kedua tim di semifinal Liga Champions musim ini, salah satu tim dipastikan bisa melanjutkan mimpi juara Liga Champions ke tahap akhir nanti.

Sumber: France Football/News/Daily Mai;
Editor: Hary B Koriun


 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  2021-06-13.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com