DAMPAK COVID-19

Empat Ribu Lebih Pasien Covid-19 Masih Dirawat

Pekanbaru | Sabtu, 01 Mei 2021 - 08:48 WIB

Empat Ribu Lebih Pasien Covid-19 Masih Dirawat
Mimi Yuliani Nazir (Kadiskes Riau)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir menginformasikan adanya penambahan 525 pasien positif Covid-19 di Riau per Jumat (30/4). Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Riau hingga saat ini sebanyak 44.263 orang.

"Dari jumlah tersebut, 38.348 di antaranya sudah sembuh, 1.084 meninggalkan dunia. Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan di Riau saat ini tinggal 4.831 orang. Dengan rincian, 3.938 menjalani isolasi mandiri dan 893 dirawat di rumah sakit," katanya.


Lebih lanjut dikatakannya, memang saat ini pasien positif Covid-19 didominasi oleh pasien yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau sekitar 75 persen dari total pasien positif Covid-19 di Riau. Karena itu, banyak pasien yang menjalani isolasi mandiri.

"Isolasi mandiri tersebut dilakukan di tempat yang sudah disediakan pemerintah. Namun bagi yang memiliki rumah yang layak untuk isolasi mandiri, dipersilakan. Meski begitu tetap di bawah pengawasan tenaga kesehatan terdekat," ujarnya.

Informasi lainnya, untuk jumlah sampel swab yang diperiksa sebanyak 485 sampel dan jumlah orang diperiksa sebanyak 1.695 orang. Dari jumlah tersebut, 525 di antaranya ditemukan positif Covid-19.

"Sementara itu, untuk total sampel swab yang sudah diperiksa di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad sebanyak 273.680 spesimen," sebutnya.

Mimi juga berpesan, dengan terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Riau, pihaknya mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Meskipun beberapa orang sudah dilakukan vaksinasi, namun protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

"Mari kita sama-sama dapat menjaga diri dan orang sekitar kita dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker," ajaknya.

Sehari Tembus 25 Kasus di Kuansing
Seperti tidak terbendung, penambahan kasus pasien positif di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terus meroket setiap harinya. Terbukti, data terakhir pada Kamis (29/4) yang disampaikan gugus tugas Kabupaten Kuansing terdapat penambahan 25 kasus.

Menurut salah seorang Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kuansing, Ir Samsir Alam MM kepada Riau Pos, Jumat (30/4) mengatakan, penambahan pasien positif tersebut terbanyak berasal dari Kecamatan Singingi.

"Iya, ada penambahan yang cukup tinggi. Dalam beberapa bulan belakangan, ini kasus tertinggi penambahan pasien positif. Masyarakat diminta lebih ketat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," kata Samsir Alam.

Samsir Alam menjelaskan, dari 25 pasien positif tersebut, sebanyak 18 berasal dari Kecamatan Singingi. Sedangkan 5 pasien dari Kecamatan Kuantan Mudik, 1 pasien barasal dari Kecamatan Sentajo Raya dan satunya lagi dari Kecamatan Kuantan Tengah. Di hari bersamaan, lanjut Samsir Alam, terdapat 2 pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Dua pasien tersebut masing-masing, TN. Y (64) yang merupakan warga Kecamatan Pangean dan TN. M (71) merupakan warga Kecamatan Benai.


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  2021-06-13.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com