Lewat Rekaman CCTV, Pencuri Berhasil Diamankan

Pekanbaru | Kamis, 01 Agustus 2019 - 10:15 WIB

Lewat Rekaman CCTV, Pencuri Berhasil Diamankan
Iptu Aspikar (Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya)
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kepolisian Sektor (Polsek) Bukit Raya berhasil membekuk pelaku pencurian yang mengambil barang di parkiran mobil pusat perbelanjaan Living World (LW), Jalan Tuanku Tambusai, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai. Pelaku berhasil ditangkap usai korban melapor kepada pihak LW dengan melihat rekaman kamera tersembunyi CCTV.

Korban bernama Herman Cristhoper (29) mengatakan kepada Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya Iptu Aspikar, pintu mobilnya rusak akibat congkelan. Setelah dibuka barang-barang miliknya ludes tak tersisa satupun.

Menurutnya, saat itu pelapor hendak pulang ke rumah sekira pukul 19.00 WIB pada 25 Juli 2019. Namun, mendapati pintu mobil Honda Acoord warna abu-abu metalik BM 1812 JM telah rusak dan barang-barang dari dalam mobil hilang. Saat itu korban membuat laporan ke pihak keamanan LW.

‘’Barang yang hilang berupa satu unit laptop merk Apple Macbook Air 13 warna silver, satu unit laptop merk Lenovo 13 warna hitam, satu unit kaca mata Paul Prank, satu unit handset iPhone warna putih, satu unit power bank micropack 10.000 mHa warna abu-abu dan kabel serta satu unit jam tangan merek Aplle Wacth warna hitam,’’ sebutnya.

Secara kebetulan mobil temannya yaitu Heriyanto pun dibobol. Mobilnya merek Honda CRV warna Silver BA 1832 AS. Barang-barang miliknya hilang berupa dua unit power bank merk Anker kapasitas 20.000 mHa dan 10.000 mHa, satu unit handset merk Beats dan satu buah mancis merk DWP. 

Atas kejadian tersebut pelapor merasa dirugikan dan membuat laporan ke Polsek Bukit Raya. Di mana LW masih masuk dalam kawasan Bukit Raya.

Menurut pelapor kepada pihak Polsek Bukit Raya, LW langsung memanggil pengelola parkir se-Pekanbaru agar mendata kendaraan pelaku yang terekam CCTV. Akhirnya pada Jumat (26/7) sekira pukul 18.00 WIB, keberadaan mobil pelaku diketahui berada di sebuha rumah sakit di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

‘’Mobil beserta pelaku pun langsung diamankan oleh pihak RS, di mana dalam mobil warna putih BG 1805 UX diamankan pelaku A dan H. Sedangkan I berhasil melarikan diri dan masuk DPO. 

Di dalam mobil pelaku ditemukan barang bukti satu unit kaca mata Paul Prank, satu unit power bank merk Anker 10.000 mHa, satu unit handset merk Beats, satu buah mancis merk DWP, satu unit cok kabel laptop.

Setelah itu pihak RS memberitahukan kepada pihak pengelola LW untuk menjemput. Kemudian pihak LW menjemput dan membawa para pelaku ke LW.

Lebih lanjut, Tim Opsnal Bukit Raya langsung menjemput para pelaku ke LW untuk dibawa ke Polsek Bukit Raya guna dilakukan penyidikan.

‘’Para pelaku rupanya berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Katanya di Pekanbaru baru beraksi sekali, di mana hasilnya untuk memenuhi keperluan sehari-hari,’’ terangnya.

Sementara, para tersangka sudah sering melakukan aksi di daerah asalnya. ‘’Mereka merupakan pencuri kelas kakap,’’ imbuhnya. Dalam pencurian itu, korban mengalami kerugian sebesar Rp32 juta. Tersangka pun sudah mendekam di mako Polsek Bukit Raya.(*3)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-01.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com