PENDIDIKAN

Tim Abdimas LPPM Unri Gelar Pelatihan Pembuatan Mie Kaya Nutrisi

Pekanbaru | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:03 WIB

Tim Abdimas LPPM Unri Gelar Pelatihan Pembuatan Mie Kaya Nutrisi
Tim Abdimas LPPM Unri foto bersama mahasiswa Kukerta dan masyarakat usai pelatihan membuat mi di Kelurahan Rumbai Bukit, baru-baru ini.(LPPM UNRI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Mie merupakan salah satu bahan pangan alternatif pengganti nasi yang digemari masyarakat dengan segala usia. Teksturnya yang lembut, harganya murah dan pengolahannya juga sederhana menyebabkan mie menjadi populer di kalangan masyarakat. Namun, mie yang beredar di pasaran sekarang ini hanya kaya akan karbohidrat, minim protein dan warnanya kurang menarik. Untuk itu salah satu upaya yang dilakukan oleh Tim Abdimas (Pengabdian Masyarakat) LPPM Unri adalah melakukan pembuatan mie yang diperkaya dengan pangan fungsional seperti protein ikan, dan sayuran seperti wortel dan bayam untuk memperbaiki warnanya sehingga produk mie memiliki nutrisi lengkap dan warna yang  menarik.


Sebagai ketua kegiatan Abdimas Ir N Ira Sari MSi menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan dimasa pandemi. "Selain itu juga diharapkan mie ini bisa menjadi produk unggulan daerah Rumbai Bukit. Ini merupakan keberlanjutan tahun sebelumnya, dimana pada tahun pertama telah dikembangkan pengolahan snack dan keripik kulit ikan patin," ujar Ira Sari.

Selaku Ketua DPL Kukerta Terintegrasi Abdimas Dian Iriani SPi, MP MSc, juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada 13 Juli lalu juga melibatkan mahasiswa Kukerta Terintegrasi Abdimas di Kelurahan Rumbai Bukit Pekanbaru sebanyak 10 orang yang diketuai oleh M Haekal Tiftazani.

"Sebelum kegiatan dimulai kita membagikan masker secara gratis kepada para peserta kegiatan dan tetap melakukan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan," ujar Dian.

Dian juga berharap masyarakat tetap sehat dengan mengonsumsi pangan bergizi berupa mie kaya nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan tetap produktif dalam meningkatkan perekonomian keluarga selama pandemi ini.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh peserta kegiatan (Pokdakan Mina Bukit) yang diketuai oleh Zabur, dan Lurah Rumbai Bukit Nanda Eddyan Harsono SSTP yang juga mengucapkan terimakasih kepada Tim Abdimas LPPM Unri dan Mahasiswa Kukerta yang telah memberikan pelatihan olahan ikan patin di Kelurahan Rumbai Bukit.

"Harapannya semoga dapat meningkatkan kesejahteraan mayarakat dan mengangkat daerah ini menjadi sentra industri pengolahan produk perikanan," ujar Nanda.(hen)





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-27.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com