Pemilihan Ketua RT/RW Meranti Pandak Serasa Pemilu

Pekanbaru | Senin, 02 Maret 2020 - 08:43 WIB

Pemilihan Ketua RT/RW Meranti Pandak Serasa Pemilu
PEMILIHAN RT: Proses pemilihan calon ketua RT 01, RT 02 dan RW 10 Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Ahad (1/3/2020). (dofi Iskandar/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemilihan ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) biasanya tak diminati warga. Karena pada umumnya pemilihan ketua RT/RW dipilih langsung melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.


Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga RT01, RT02 dan RW10 Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir. Panitia mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu, yakni agar warga di lingkungan RT dan RW setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya, guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini.

Pada pemilihan ketua RT 01, 02 dan RW 10 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir disambut antusias warga. Calon ketua RT dan RW dipilih dengan sistem seperti pemilu yang dilaksanakan di Puskesmas Rumbai Pesisir, Jalan Khayangan/Sekolah. Warga di RT/RW tersebut diminta memberikan suaranya melalui bilik suara yang sudah disiapkan.

Panitia pemilihan ketua RT 01, 02 dan ketua RW 10, Mawardi mengatakan pada periode ini ada dua pasang untuk calon ketua RT 01, di antaranya Irmayanti nomor urut 1 dan Devi Syefriani nomor urut 2. Hanya satu calon untuk ketua RT02 yaitu Muslim. Dan dua kandidat terdaftar sebagai calon ketua RW10, di antaranya Era Arbi nomor urut 1 dan Yosi Faisal nomor urut 2.  

"Selama proses pemilihan ketua RT/RW tidak ada kendala. Para warga merasa senang, mereka mendukung dan antusias. Semua dilakukan dengan swadaya bersama masyarakat," ujarnya, Ahad (1/3).

Setelah pemilihan dilaksanakan, masyarakat baik dari kalangan anak muda, ibu-ibu dan bapak-bapak langsung berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan.  

Berdasarkan hasil penghitungan suara pemilihan calon ketua RT 01, RT 02 dan ketua RW 10 Kelurahan Meranti Pandak, untuk RT 01 calon no urut 1 sebanyak 39 suara, calon no.urut  2 sebanyak 25 suara, RT 02 calon nomor urut 1, 50 suara. Sementara untuk RW 10 calon nomor urut 1 sebanyak 116 suara dan calon nomor urut 2 sebanyak  11 suara.(dof)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com