BANYAK DRAINASE RUKO DIBANGUN TANPA BAK KONTROL

Pj Wako Tinjau Penambalan Jalan Rusak dan Perumahan Rawan Banjir

Pekanbaru | Kamis, 02 Juni 2022 - 20:30 WIB

Pj Wako Tinjau Penambalan Jalan Rusak dan Perumahan Rawan Banjir
Pj Wako Pekanbaru Muflihun meninjau beberapa lokasi jalan rusak dan rawan banjir di Pekanbaru, Kamis (2/6/2022). (PROKOPIM SETDAKO PEKANBARU UNTUK RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pembangunan rumah toko (ruko) di Kota Pekanbaru ditemukan banyak terdapat kesalahan. Di antaranya, drainase ruko yang tak memiliki bak kontrol. Akibatnya, sulit mengetahui jika terjadi penyumbatan.

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Pekanbaru Muflihun, Kamis (2/6/2022) meninjau langsung beberapa lokasi di Pekanbaru. Di antaranya penambalan jalan rusak di Jalan Delima, Kecamatan Binawidya.

Yamaha Alfa Scorpii

Muflihun didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution serta beberapa kepala OPD lainnya juga melakukan peninjauan perumahan rawan banjir di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya.

"Kami fokus menangani drainase dan jalan berlubang. Tapi dalam tahun ini, kegiatan itu tak bisa dilakukan semuanya. Masyarakat diminta bersabar," kata Muflihun.

 

Berdasarkan pantauan di Jalan Delima, banyak ruko yang tak membuat bak kontrol di atas parit. Sehingga, penyebab tersumbatnya drainase tak diketahui.


"Tapi yang saya lihat tadi dari bak kontrol, aliran air parit malah tergenang," papar Muflihun.

Dia juga meminta pemilik ruko tidak mengusir pekerja yang membersihkan parit. Pembersihan drainase itu untuk masyarakat banyak.

Di sisi lain, Muflihun juga telah memantau pembuatan tanggul di belakang Perumahan Dwi Beringin Indah IV dan V di Kelurahan Sungai Sibam. Perumahan ini berbatasan langsung dengan Sungai Sibam. Dinas PUPR sudah membuat tanggul yang cukup tinggi. Tanggul ini usaha yang paling cepat dalam mengatasi luapan Sungai Sibam.

"Tanggul ini minimal mengurangi dampak banjir. Saya kaji dahulu apakah patut untuk dibangun tanggul dari beton (dam)," ujar Muflihun.

Laporan: M Ali Nurman (Pekanbaru)

Editor: Edwar Yaman

 

 

 

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  10-Aguss.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com