Dua Pekan Berlabuh, RSA Belum Beroperasi

Pekanbaru | Jumat, 02 Oktober 2020 - 08:00 WIB

Dua Pekan Berlabuh, RSA Belum Beroperasi
Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa WaluyaII yang bersandar di Pelabuhan Pelindo, Pasar Bawah sejak 18 September lalu hingga saat ini belum beroperasi, Kamis (1/10/2020). RSA ini rencananya memberikan pelayanan medis gratis kepada masyarakat di Pekanbaru selama tiga bulan.(DEFIZAL/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Meski sudah dua pekan bersandar di Sungai Siak dekat Pelindo, Pasar Bawah, Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II hingga saat ini belum juga beroperasi. RSA yang tiba pada Jumat (18/9) lalu itu rencananya akan beroperasi hingga akhir tahun di Pekanbaru.

Fasilitas kesehatan milik organisasi nirlaba doctorSHARE tersebut rencananya bakal membuka pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru. Mengingat, lonjakan kasus Covid-19 di daerah tersebut


meningkat tajam, pihak doctorSHARE disebut akan membantu pelayanan Covid-19.

"Mereka membantu pelayanan kesehatan juga, termasuk pelayanan Covid-19," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy, belum lama ini.

Pihaknya mengaku sudah menerima koordinasi dari manajemen RS Apung tersebut. Karena dalam misi sosial, Diskes Pekanbaru tak keberatan.

"Tapi kami arahkan ke Diskes Provinsi Riau juga," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator RSA Nusa Waluya II, dr Stephanie mengaku bahwa pihaknya tengah mematangkan rencana dan membicarakan teknis dengan institusi terkait di bumi Melayu Riau.

"Kami juga masih membicarakan teknisnya dengan Diskes Provinsi Riau. Jadi masih kami matangkan," ungkapnya.

Sedangkan soal waktu pelayanan, pihak RSA Nusa Waluya II masih membahas hal tersebut dengan Diskes Kota Pekanbaru.

"Soal waktu layanan kami masih bicarakan dengan Diskes Kota Pekanbaru, kami juga masih persiapan di kapalnya," tuturnya.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Diketahui, sejak berlabuh di sungai Siak Pekanbaru, kapal rumah sakit dengan misi kemanusiaan ini belum membawa tenaga medis dan dokter. Di kapal tersebut, hanya ada 9 orang anak buah kapal (ABK) yang baru berlabuh dari Surabaya ke Pekanbaru selama 16 hari.

RSA Nusa Waluya II merupakan rumah sakit apung milik Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE. Yayasan ini diketahui didirikan oleh Lie Dharmawan. RSA Nusa Waluya II memiliki kapasitas sebanyak 30 ruang perawatan.(p)

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-11-24.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com