Pisah Sambut Kapolda Digelar Hari Ini

Pekanbaru | Senin, 03 Januari 2022 - 09:17 WIB

Pisah Sambut Kapolda Digelar Hari Ini
Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Irjen Pol M Iqbal resmi menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau. Adapun proses pelantikan berlangsung di Markas Besar (Mabes) Polri, Rabu (29/12/2021) lalu. Sabtu (1/1), Irjen M Iqbal tiba di Bumi Lancang Kuning dan disambut langsung Gubernur Riau Syamsuar beserta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Iqbal, begitu ia akrab disapa langsung mengebut sejumlah pekerjaan. Seperti memimpin upacara korps kenaikan pangkat 1.067 anggota Polda Riau beserta jajaran. Hingga mengunjungi Makam Marhum Pekan, Ahad (2/1). Jika tidak aral melintang, hari ini (3/1) bakal dilangsungkan seremonial pisah sambut Irjen Iqbal selaku pejabat baru Kapolda Riau dengan Irjen Agung Setya Imam Effendi selaku pejabat kapolda yang lama.

Yamaha Alfa Scorpii

Informasi itu disampaikan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, kemarin. Dikatakan Sunarto, akan ada serangkaian kegiatan yang digelar mulai pagi hari hingga malam hari.

"Untuk pisah sambut digelar besok pagi (hari ini, red). Dimulai dari kedatangan Kapolda Pak Iqbal ke Mapolda Riau. Kemudian disambut oleh Pak Agung," sebut Sunarto.

Living World Pekanbaru

Setelah dilakukan penyambutan oleh Irjen Agung, Irjen Iqbal kemudian memasuki Mapolda Riau diiringi upacara sebagai tradisi Korps Bhayangkara. Setelah dilaksanakan sejumlah proses serah terima jabatan, nantinya pada siang hari dilaksanakan tradisi pelepasan untuk Irjen Agung yang saat ini diberi amanah menjabat Asisten Operasi (Asop) Kapolri.

"Malam harinya juga digelar ramah tamah perpisahan dengan mengundang seluruh unsur forkopimda dan tokoh masyarakat di Balai Serindit, kediaman Gubernur Riau. Setelah itu kegiatan baru berakhir," paparnya.


Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan pergantian posisi terhadap sejumlah perwira tinggi polisi. Pergantian itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) No.ST/2568/XII/KEP/2021 tertanggal 17 Desember 2021. Keputusan itu ditandatangani Kapolri melalui AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada di Jakarta. Dalam ST tersebut tercantum 94 perwira tinggi dan menengah Polri yang mengalami pergeseran posisi. Salah satunya untuk jabatan Kapolda Riau. Kapolri menugaskan Irjen M Iqbal. Alumni Akpol 1991 ini memang tidak asing bagi warga Riau, khususnya Kota Pekanbaru. Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini pernah tercatat menjabat Kasatlantas di Polresta Pekanbaru pada 2000. Kemudian ia juga pernah dipercaya sebagai Wakapolres Dumai, kemudian menjadi Koorspri Kapolda Riau di 2004.

Sedangkan Irjen Agung ada sekitar 2 tahun 3 bulan memimpin Korps Bhayangkara di Bumi Lancang Kuning. Tepatnya sejak 2019 lalu. Terakhir, penggagas aplikasi Dashboard Lancang Luning itu diberi gelar kehormatan adat oleh Limbago Adat Nagori (LAN) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Irjen Agung ditabalkan gelar  Datuk Bandaro Alam. Oleh LAM Riau, Irjen Agung diberikan Anugerah Ingatan Budi karena dinilai berjasa menjaga Bumi Lancang Kuning.(nda)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com