Penumpang Kapal Laut Turun Drastis

Pekanbaru | Jumat, 03 April 2020 - 11:39 WIB

Penumpang Kapal Laut Turun Drastis
Pelabuhan Sungai Duku mulai sepi. Hanya beberapa penumpang kapal tujuan Selat Panjang, Kepulauan Meranti yang terlihat sedang berada di sana, Kamis (2/4/2020). (SOFIAH/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- TIDAK bisa dipungkiri lagi, sejak merebaknya wabah Coronavirus Disease (Covid-19), semua sektor mengalami imbasnya. Termasuk sektor transportasi laut, seperti di Pelabuhan Sungai Duku. Pelabuhan ini melayani penumpangnya menuju rute Selat Panjang, Siak dan juga Bengkalis.


Dari pantauan Riau Pos di lapangan kemarin, para penumpang sudah mengamankan diri dengan mengenakan masker. Bahkan, dengan disediakannya tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang tersedia, membuat penumpang menjadi aman dan nyaman. Belum lagi adanya Thermo Scanner yang dilakukan oleh pihak KKP pelabuhan. Kendati  demikian, diakui petugas Syahbandar, Fiktori kepada Riau Pos menyebutkan, penumpang saat ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. "Kapal dengan kapasitas 101 sampai 108 penumpang, kini hanya bermuatan separuhnya. Artinya terjadi penurunan hingga 50 persen," sebutnya pada, Kamis (2/4).

Lebih jauh, dengan adanya penurunan jumlah penumpang, tentunya para pemilik kapal mengakui tingkat pendapatan mereka menjadi berkurang. "Kemarin sudah sempat ada yang ngadu, sepi penumpang. Kalau begini terus tak tau lah lagi," ucapnya.

Tak hanya itu, imbas lainnya kepada porter pelabuhan. Secara otomatis penghasilannya pun berkurang. "Sudah jelas dan dirasakan para porter. Jika dulunya banyak membantu membawa barang, sekarang ini hanya orang yang betul-betul penting yang pergi maupun yang datang," ulasnya.

Jauh sebelum itu, jika pagi terdapat dua kapal yang pergi, kini hanya satu kapal. Untuk siang hari masih dua kapal dan diperbantukan speedboat satu dengan tujuan Siak. Sementara untuk kapal yang langsung ke Selat Panjang hanya satu saja. "Semoga wabah Covid-19 segera berakhir, agar perekonomian masyarakat kembali normal. Begitu juga dengan kehidupan dan atau aktivitas sehari-harinya," harapnya.(ksm)

Laporan: SOFIAH (Pekanbaru)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-05-ok.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com